Mohon tunggu...
Ania
Ania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Learning

9 Mei 2024   22:49 Diperbarui: 9 Mei 2024   23:13 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abad-21 telah dicirikan oleh kemajuan teknologi yang terus berlanjut, mengubah cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Inovasi seperti internet, kecerdasan buatan, serta perangkat seperti laptop, komputer, dan gadget telah menciptakan perubahan besar dalam kehidupan kita. 

Kemajuan ini tidak hanya membuka pintu untuk pekerjaan baru, tetapi juga membawa paradigma baru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, abad ke-21 sering disebut sebagai era teknologi atau era digital. 

Dalam era digital ini, teknologi telah memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan manusia, terutama dalam konteks pendidikan. Salah satu bentuk teknologi pendidikan yang sedang berkembang pesat adalah e-learning atau pembelajaran daring. 

Menurut Kln dan Seferolu (2021), e-learning telah menjadi pilihan yang banyak diminati dalam bidang Pendidikan karena memungkinkan akses yang mudah terhadap materi pembelajaran di berbagai waktu dan tempat. 

Penggunaan platform pembelajaran daring dan aplikasi mobile sebagai perangkat pendukung dalam pembelajaran telah memungkinkan siswa dari berbagai wilayah untuk mengakses materi pembelajaran dengan lebih mudah. 

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi juga telah membawa inovasi dalam metode pembelajaran yang memungkinkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi pelajar tetapi juga cara dosen mengajar.


Pengalaman menggunakan E-Learning dalam pembelajaran

Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa dosen di Universitas Muhammadiyah Sorong mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan dampaknya, dosen W menggunakan e-learning seperti zoom dan Canva dalam pembelajarannya. 

Dosen S menggunakan video pembelajaran di YouTube dan Google Classroom untuk tugas. Sementara itu, dosen R mengintegrasikan website pembelajaran dalam kelasnya. 

Mereka menekankan bahwa teknologi memungkinkan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Namun, kesuksesan penerapan teknologi juga tergantung pada kesiapan mahasiswa dan perangkat pendukung yang mereka miliki. 

Dengan memanfaatkan teknologi, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam penyampaian materi serta penerapannya di kelas. Melalui program e-learning, mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk meningkatkan aktifitas belajar mereka. Hal ini membantu mereka memahami pelajaran lebih baik dan memberikan akses ke berbagai sumber daya yang bermanfaat (Wang et al., 2014).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun