Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau || www.irfanfandi.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Ada Apa dengan Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon? Peringkat Menurun dan Prestasi pun Mulai Meredup

26 September 2022   21:07 Diperbarui: 26 September 2022   21:08 1172 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kedekatan Pelatih disaat memberikan semangat dan motivasi baru kepada atletnya (sumber foto : Bola)

Minions merupakan pasangan ganda putra terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, sejak dipasangkan Marcus Fernaldi Gideon dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dipertemukan oleh Pelatih Herry Iman Pingardi dan Ayo Minarat. Mereka menjadi ganda putra Indonesia yang disegani oleh pemain dunia.

Sejak 28 September 2017, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon berhasil menduduki puncak kegemilangannya sebagai pemain nomor satu dunia. Banyak presatsi yang telah ditorehkan oleh pasangan ini hingga menjadi kebanggaan seluruh pecinta olahraga bulu tangkis di dalam maupun luar negeri.

Namun, setelah Badminton World federation (BWF) telah menetapkan aturan baru yaitu penghapusan nilai poin dari turnamen yang sudah kadaluarsa pada tahun sbeelumnya mulai dihapuskan. Peringkat Minions turun menjadi pemain nomor dua dunia, posisi mereka digantikan oleh pasangan ganda putra Jepang Takuro Hoki dan Yogu Kobayasi.

Prestasi yang berhasil diperoleh selama 5 tahun di peringkat #1 Dunia

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil membuat sejarah baru sebagai pemain ganda putra terlama berada di posisi peringkat nomor satu dunia. Mereka menempati posisi tersebut sejak 28 September 2017 hingga 20 September 2022.

Kini Minions harus berlapang dada untuk merelakan atau melepas posisi sebagai pemain peringkat nomor satu dunia selama 5 tahun tanpa putus digantikan oleh pemain lain. Sudah banyak prestasi yang telah berhasil ditoreh oleh Minions selama mereka dipasangkan sebagai ganda putra mewakili Indonesia di tingkat dunia.

Berikut adalah daftar prestasi Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo selama menduduki peringkat 1 dunia sektor ganda putra :

Pada tahun 2017, Minions berhasil meraih 4 gelar juara di beberapa turnamen yaitu Danish Denmark Open, Tahoe China Open, Yonex Sunrise Hong Kong Open dan Dubai World Superseries Finals.

Kemudian pada tahun 2018, Minions tampil lebih menggila dengan menyabet 10 gelar dalam satu tahun yaitu Daihatsu Indonesia Masters, Yonex-Sunrise dr. Akhilesh Das Gupta India Open, Yonex All England Open, Blibli Indonesia Open, Asian Games, Daihatsu Yonex Japan Open, Danisa Denmark Open, Yonex French Open, Fuzhou China Open dan Yonex-Sunrise Hong Kong Open.

Pada tahun 2019, Minions berhasil merebut 9 gelar dalam satu tahun yaitu Perodua Malaysia Masters, Daihatsu Indonesia Masters, Badminton Asia Championships, Blibli Indonesia Open, Daihatsu Yonex Japan Open, Victor China Open, Danisa Denmark Open, Yonex French Open dan Fuzhou China Open.

Sedangkan pada tahun 2020, Minions hanya berhasil merebut dua gelar selama pandemic Covid-19 menyebar ke seluruh dunia dan banyak turnamen yang dibatalkan untuk dipertandingkan oleh BWF. Mereka hanya berhasil merebut dua gealr dari turnamen Daihatsu Indonesia Masters dan Yonex All England saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan