Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Cara Terbaik dalam Mendukung Program Net-Zero Emissions dengan Perilaku Sederhana

24 Oktober 2021   23:10 Diperbarui: 24 Oktober 2021   23:47 86 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Net Zero Emissions dalam menyelamatkan lingkungan(koran-jakarta.com)

Permasalahan yang dihadapi dunia semakin hari semakin mengerikan untuk kita simak dalam berita dan informasi yang kita perolah, baik itu di media massa maupun media digital yang selalu bisa di lihat dilayar smartphone kita. Dari perubahan iklim hingga semakin tingginya perkembangan umat manusia yang terus bertambah sangat cepat, seluruh negara tidak bisa membendung semua fenomena yang terjadi karena kode alam bumi yang sudah tak muda lagi.

Meningkatnya volume kapasitas air laut yang terus bertambah, kejadian bencana alam yang selalu terjadi silih berganti di semua wilayah dunia dan masih banyak lagi hal mengerikan yang harus kita saksikan di depan mata kita. Semua kejadian fenomena alam itu adalah sebab akibat dari pola kehidupan umat manusia yang terus berkembang dan berubah.

Kita tidak bisa pungkiri oleh semua yang terjadi di muka bumi ini adalah ulah dari tangan umat manusia, hal ini harus kita pertanggung jawabkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk anak cucu kita di kehidupan mendatang. Saya jadi teringat ketika Allah ingin mengabarkan kepada malaikat untuk mengangkat umat manusia sebagai khalifah di muka bumi ini, tapi kita tahu bagaimana respon dan sikap malaikat ketika hal itu terjadi.

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.""

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 30)

Tak bisa dibayangkan bagaimana Tuhan begitu percaya terhadap apa yang telah diputuskannya, kita sebagai manusia lupa dan melalaikan tugas kita dengan sangat baik sebagai manusia. Kita tidak bisa berlarut-larut terpuruk dengan keadaan yang semakin buruk, tidak ada kata terlambat sebelum kita memaksimalkan kesempatan yang selalu diberikan kepada kita untuk bisa hidup ke depan dengan lebih baik.

grafik emisi karbon yang dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya (CNNIndonesia.com)
grafik emisi karbon yang dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya (CNNIndonesia.com)

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menyelamatkan dunia ini dengan cara kita sendiri, hal itu bisa dimulai dari dalam diri kita. Setelah hal itu berhasil kita lakukan maka akan berdampak positif dan bisa memberikan contoh kepada orang-orang disekitar kita. Permasalahan yang paling tinggi besar di negara kita adalah tingginya kapasitas gas emisi carbon yang bisa merusak kondisi atsmosfer bumi yang semakin hari semakin menipis dan berdampak bahyasa untuk kehidupan alam di belahan dunia lain.

Dengan melakukan hal yang kecil dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang terus berlanjut kita lakukan, membuat dampak positif dan memiliki nilai poin tinggi kepada diri kita dalam membantu mendukung  program pemerintah dalam menurunkan emisi zat carbon di negeri ini, program Net-Zero Emision (NZE). Cara apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendukung program ini :

Berjalan kaki dan bersepeda dalam melakukan aktifitas

kegiatan berolahraga dalam mengendarai sepeda(Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels)
kegiatan berolahraga dalam mengendarai sepeda(Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels)

Dengan banyaknya melangkah dan melakukan aktifitas olahraga yang sederhana, ternyata bisa menjadi cara untuk kita dalam mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi zat carbon dalam program Net-Zero Emision (NZE).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan