Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1443: Harapan, Doa dan Cita-cita

10 Agustus 2021   15:00 Diperbarui: 10 Agustus 2021   16:55 119 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selamat Tahun Baru Hijriyah 1443: Harapan, Doa dan Cita-cita
Foto Ilustrasi : detik.com ( Selamat Tahun Baru, I Muharram 1443 H)

"Buatlah tujuan untuk hidup, kemudian gunakan dengan segenap kekuatan untuk mencapainya. Insha Allah kamu pasti berhasil.

usman Bin Affan

Hari ini adalah Tahun baru untuk umat muslim di seluruh dunia, sebagai peringatan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah bersama para sahabatnya pada tahun 622 M. Peringatan tahun baru islam ini telah di tetapkan oleh sahabat nabi Umar Bin Khattab pasca 6 tahun wafatnya baginda Nabi Muhammad SAW.

Pada peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Hijriyah, banyak di isi dengan kegiatan agama dan kegiatan positif lainnya. Seperti mengumandangakan Shalawat bersama sambil berjalan dengan api obor berkeliling di daerah komplek rumah setempat, mengadakan pengajian tausiah islami dan lomba-lomba yang berbau islami.

Pada peringatan tahun hijriyah kali ini sangat berbeda, pemerintah mengubah hari libur nasional menjadi hari esok untuk sebagai tanggal merah. Pada saat masa pandemi covid-19 semakin meningkat, banyak keterbatasan waktu dan langkah dalam melakukan segala hal. Jadi kita hanya bisa mnegikuti dan memperingati hari tahun baru ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Hal biasa yang dilakukan dalam memeperingati tahun baru hijriyah ini, alangkah baiknya kita banyak melakukan hal yang positif dan memperbanyak ibadah agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ujian dan masalah yang selalu datang silih berganti dalam kehidupan kita merupakan sebuah tempaan untuk kita menjadi pribadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Selayaknya memperingati tahun baru islam ini, kita lebih banyak untuk bersyukur dan bersabar dengan segala yang terjadi saat ini. 

Kita semua akan bisa melalui kondisi ini dengan baik jika kita semua berserah kepada Allah SWT dan meningkatkan ketakwaan serta ibadah kita kepada-Nya. Tiada yang lebih penting didunia ini kecuali kita melaksanakan perintah yang telah di perintahkan kepada kita sebagai manusia.

Memperingati Tahun Baru Hijriyah

Dengan Kondisi pandemi covid-19 yang semakin hari semakin meningkat, bukan hanya di negara kita saja melainkan seluruh dunia merasakan dampak dari pemaparan penyebaran virus berbahaya ini. Seperti yang kita ketahui telah banyak memakan korban, baik itu saudara, teman, sanak keluarga dan orang-orang terdekat kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan