Mohon tunggu...
Muhammad IrfanAji
Muhammad IrfanAji Mohon Tunggu... Lainnya - STUDENT AT INTERNATIONAL UNIVERSITY OF SEMEN INDONESIA

ENGINEERING MANAGEMENT STUDENT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengoptimalkan Pendidikan Dasar terhadap Pemahaman Mahasiswa dengan Metode Daring

20 Oktober 2020   09:55 Diperbarui: 20 Oktober 2020   10:12 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan sangat cepat yang hal tersebut bisa berdampak seperti dua mata pisau. Yang artinya akan berdampak positif bagi yang menggunakannya secara tepat dan akan berdampak negative apabila yang menggunakannya tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Dampak positif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan globalisasi tersebut adalah semakin luasnya ilmu pengetahuan yang bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun. Sedangkan dampak negativenya terjadi perubahan nilai -- nilai yang berlaku di masyarakat.

Dalam konteks Pendidikan, khususnya Pendidikan dasar, berperan sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri anak tanpa mengindahkan nilai -- nilai yang berlaku di masyarakat. Pendidikan dapat dikatakan sebagai pondasi utama dalam membangun suatu negara. Kesadaran akan pentingnya Pendidikan akan menentukan kualitas sumber daya manusia di negara tersebut. Apabila system Pendidikan, khususnya Pendidikan dasar, di negara tersebut baik maka bisa dipastikan kelangsungan negara tersebut di masa depan akan semakin membaik (maju). Terbukti bahwa suatu negara yang dikatakan maju memiliki kualitas Pendidikan yang sangat baik, tentu dari Pendidikan dasar yang sangat kuat.

 Namun, permasalahan Pendidikan yang ada di Indonesia masih menjadi polemic tersendiri. Masih banyak yang belum mendapatkan Pendidikan sebagaimana mestinya. Berdasarkan Pendataan terbaru yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kota Surabaya tahun 2018 bahwa jumlah penduduk berdasarkan tingkat Pendidikan di wilayah Tanah Kali Kedinding sejumlah 15,839 orang yang tidak / belum sekolah. 11,689 orang mengenyam Pendidikan sekolah dasar (SD) yang dimana hal tersebut masih terbilang baik dikarenakan jumlah penduduk yang mengenyam Pendidikan dasar relative banyak jika dibandingkan dengan wilayah satu kelurahan lainnya ditambah dengan adanya pandemic virus Covid-19 akan menambah permasalahan lain muncul.

 Pada tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Dalam surat edaran tersebut menjelaskan proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh bertempat di rumah masing -- masing dengan tujuan memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh/daring ini melalui bimbingan orang tua. 

Akan tetapi, masih banyak dikalangan masyarakat khususnya anak didik kesulitan dalam menerima materi saat pembelajaran secara jarak jauh/daring berlangsung. Berdasarkan hasil observasi lapangan yang dilakukan secara daring dan langsung, ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi diantaranya Belum memahami penerapan dan adaptasi tentang SFH dengan kualitas yang lebih baik, Kurangnya pendampingan secara insentif terhadap pembelajaran anak, Kurangnya pengoptimalan kegemaran anak terhadap pembelajaran, Belum memahami aplikasi belajar online. 

Solusi yang diusulkan oleh penulis adalah memberikan penyuluhan mengenai cara terbaik dalam melakukan Study From Home secara optimal berupa poster yang berisikan Tips-Tips memahami materi, Memberikan pendampingan secara intensif dalam proses belajar mengajar secara daring berupa pembuatan Forum Group Discussion dimana grup tersebut memberikan pendampingan terhadap materi yang kurang dipahami oleh anak didik SDN Tanah Kali Kedinding II -- VIII, Mengadakan perlombaan dengan melangkapi cerita berbahasa inggris yang nanti dilanjutkan dengan perlombaan memilih salah satu dari cerita tersebut untuk diproyeksikan dalam bentuk visual 2 dimensi dengan output kedepannya anak didik sudah mulai dibiasakan berbahasa internasional agar siap menghadapi globalisasi dan meningkatkan kreatifitas anak didik dalam menuangkan di media gambar, Memberikan rekomendasi mengenai aplikasi berbahasa inggris berupa video yang di publish di channel youtube dengan tujuan bisa membantu adik adik dalam mengasah skill dalam berbahasa inggris. 

Penyelenggara KKN Tematik Daring UISI Kelompok A. 111 ini menerapkan pendampingan terhadap Sekolah Dasar Negeri Tanah Kali Kedinding di Desa Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran dengan menggunakan media Whatsapp Group yang dimana dilakukan secara daring. Berdasarkan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata UISI Kelompok A. 111 diperoleh hasil yaitu terdapat peningkatan pemahaman tentang cara memahami materi melalui pembelajaran jarak jauh, peningkatan kreatifitas anak dengan menvisualisasikan cerita berbahasa inggris dengan cara menggambar, penambahan kosa kata baru terhadap anak dengan memberikan beberapa latihan atau lomba cerita berbahasa inggris

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun