Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kangen Reuni dan Bukber Sama Teman-Teman Saat Ramadhan

16 April 2021   18:35 Diperbarui: 16 April 2021   18:41 318 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kangen Reuni dan Bukber Sama Teman-Teman Saat Ramadhan
Dokumentasi Tahun 2019 (Dokpri)

Bulan suci Ramadhan atau puasa Ramadhan 1442 Hijriyah sudah masuk hari ketiga , sejak hari pertama pada hari Selasa 13 April 2021 kemarin terutama bagi umat Islam yang diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa . Untuk tahun 2021 ini , bulan puasa Ramadhan ini menjadi yang kedua , kita berpuasa Ramadhan disaat masih dalam suasana pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang kasusnya masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan .

Tak ada yang namanya kegiatan Sahur On The Road , Buka Puasa Bersama , dan kegiatan ramai lainnya pada saat datangnya bulan suci Ramadhan . Selain itu kita juga dilarang berkerumun untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini yang pertama kali muncul di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020 lalu . 

Dalam tema yang diangkat oleh Kompasiana tentang " Khas Ramadhan Yang Dirindukan" . Saya pun teringat dengan masa-masa indah bertemu kawan lama walaupun tidak banyak , karena diantara teman-teman lainnya ada yang sudah berkeluarga dan bahkan ada rekan saya di sekolah yang berhasil mendapatkan beasiswa belajar di salah satu negara di Asia yaitu Jepang . Dan saya juga mengangkat judul artikel di atas yaitu " Kangen Reuni Dan Bukber Sama Teman-Teman Saat Ramadhan " .

Tentu saja ini yang mengingatkan saya betapa pertemuan reuni sekaligus bukber yang singkat ini , namun buat saya dan teman-teman tentu saja ini adalah momen yang berharga . Karena ditahun-tahun yang akan datang belum tentu kita bisa bertemu lagi . Dan datangnya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini , yang akhirnya pun terjadi , dan mau tidak mau kita juga harus saling berjauhan untuk sementara waktu .

Kegiatan ngabuburit juga pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini juga berkurang , karena kita juga disarankan untuk menghindari kerumunan .

Momen reuni bukber sebelum datangnya pandemi Covid-19 ini yang tidak saya lupakan pada saat Ramadhan tahun 2019 lalu yang bertempat di salah satu sahabat saya , dan sayangnya tidak semua teman-teman saya yang bisa ikut . Memang karena sudah ada yang berkeluarga ataupun disibukkan dengan kegiatannya misalnya sedang bekerja dan tidak bisa ditinggalkan .

Saat itu teman teman saya yang hadir kurang lebih hanya 6 orang , yang seharusnya kurang lebih ada 40 orang . Waktu masih sekolah SMK saat itu kurang lebih ada 20 cowok dan 20 cewek , dan meskipun demikian momen reuni bukber ini menjadi momen yang berharga bagi saya dan teman-teman semua . Karena tentunya saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kita harus saling berjarak dan mau tidak mau kita harus saling berjauhan untuk sementara waktu .

Tapi tidak perlu khawatir , karena saat ini kita bisa menggunakan video call di WhatsApp messenger ataupun by video Zoom yang tentu saja membuat tali silaturahmi kita tidak putus , meskipun saat ini kita masih belum bisa bertemu lagi secara langsung .

Ujian pandemi Covid-19 ini memang sangat berdampak kesemua aspek kehidupan dan kita pun harus beradaptasi dengan hidup normal baru atau new normal , hal ini sangat berbeda dari tahun-tahun ataupun bulan puasa Ramadhan edisi sebelumnya . 

Selain itu kita juga tidak bisa kumpul bersama keluarga di kampung halaman dengan adanya larangan berita mudik lebaran dimulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x