Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Berlari dan Menginspirasi Itu Bernama Borobudur Marathon 2020

16 November 2020   10:13 Diperbarui: 16 November 2020   10:18 68 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berlari dan Menginspirasi Itu Bernama Borobudur Marathon 2020
Para peserta Elite Race Borobudur Marathon 2020 sedang berlari . Sumber :Kompas.com & Harian Kompas

Olahraga seperti lari memang menjadi olahraga favorit bagi sebagian orang , terutama kaum muda . Selain itu ada juga beberapa event race lari yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta untuk mengikuti event tersebut . 

Namun seperti diketahui bersama , memasuki masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini , event atau race lari terpaksa harus dihentikan atau ditunda . Alasannya , dimulai dari kasus Covid-19 yang terus meningkat hingga faktor kesehatan juga menjadi yang paling utama .

Akan tetapi , pada Minggu 15 November 2020 dan setelah beberapa bulan tidak ada event tentang race lari , sosok itu hadir bernama "Borobudur Marathon 2020 powered by Bank Jateng" . 

Untuk tahun 2020 ini , para peserta diikuti oleh diantaranya 26 peserta elite race dan sisanya adalah 9.090 peserta lari dengan virtual yang disebutkan dari Harian Kompas yaitu " Duta penyemangat bangsa agar segera pulih dari krisis " . Acara ini juga sempat disiarkan langsung oleh Kompas TV .

Untuk event atau lomba race lari ini berlangsung di Area Taman Lumbini yaitu dikawasan Candi Borobudur , kecamatan Borobudur Magelang Jawa Tengah . 

Tentunya selain itu , para peserta juga sebelumnya harus menjalani serangkaian tes kesehatan seperti Swab Test atau tes usap juga dibarengi oleh protokol kesehatan yang ketat , menjalani proses masa karantina dan sangat berbeda dari tahun sebelumnya .

Jalannya lomba , terutama pada kategori elite race Borobudur Marathon 2020 berlangsung terbagi dua yaitu kategori putra dan kategori putri  . Untuk sang juara di kategori putra adalah Betmen Manurung dengan waktu 2 jam 42 menit 25 detik , sementara sang juara di kategori putri adalah Pretty Sihite dengan waktu 3 jam 11 menit 51 detik . 

Selain itu dikategori putra , diposisi kedua dan ketiga ditempati oleh Suwandi dan Hamdan Sayuti . Sementara pada kategori putri , diposisi kedua dan ketiga berhasil ditempati oleh Irma Handayani dan Oliva Sadi  .

Betmen Manurung berhasil meraih gelar juara pada kategori putra elite race Borobudur Marathon 2020 . Sumber : Harian Kompas
Betmen Manurung berhasil meraih gelar juara pada kategori putra elite race Borobudur Marathon 2020 . Sumber : Harian Kompas

Pretty Sihite berhasil meraih gelar juara pada kategori putri elite race Borobudur Marathon 2020 . Sumber : Harian Kompas .
Pretty Sihite berhasil meraih gelar juara pada kategori putri elite race Borobudur Marathon 2020 . Sumber : Harian Kompas .
Disisi lain , Borobudur Marathon 2020 ini menjadi ajang olahraga yang tetap digelar meskipun ditengah situasi pandemi Covid-19 . Pada sebelumnya , ada juga yaitu ajang Virgin London Marathon 2020 yang berlangsung di London Inggris .

Selamat untuk Betmen dan Pretty . Tetap semangat untuk para peserta Virtual , semoga selalu sehat dan pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir . Demikian informasi tentang Borobudur Marathon 2020 , saya Irfan Maulana terima kasih dan salam olahraga .

Sumber : Harian Kompas , kompas.com

VIDEO PILIHAN