Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Ketika Kopi Menjadi Minuman Favorit Masyarakat Indonesia

11 Maret 2020   10:28 Diperbarui: 11 Maret 2020   10:24 23 6 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Kopi Menjadi Minuman Favorit Masyarakat Indonesia
Sumber: Pixabay.Com

Jika kita , ingin beraktivitas di pagi hari sebelum berangkat ke kantor misalnya , pastinya kita akan menikmati sarapan pagi terlebih dahulu . Biasanya ditemani oleh sepotong roti tawar dibalut selai coklat dan minumannya adalah kopi hitam . Memang tidak bisa dipungkiri , kopi hitam bagi sebagian orang adalah penyemangat atau mood booster untuk memulai aktivitas dihari tersebut .

Selain itu , banyak juga warteg atau warung kopi yang menjajakan dagangannya terutama seperti kopi hitam , kopi susu , hingga kopi luwak dan semuanya berbentuk sachet yang sebelum akhirnya diseduh dengan air panas dan setelah itu kopi baru siap dan bisa disajikan oleh kita sebagai penikmat atau pecinta kopi .

Namun , diera serba cepat dengan kecanggihan teknologi informasi serta akses internet dari gadget maupun handphone Android yang membuat seperti warteg atau warung kopi pinggir jalan mulai ketinggalan dan kalah bersaing meskipun mereka tetap berusaha dan berjualan untuk menjajakan dagangannya . 

Salah satunya adalah dengan hadirnya berbagai cafe atau kedai kopi yang mulai banyak menawarkan tempat yang tujuannya selain untuk minum kopi , cafe tersebut juga bisa menjadi pilihan bagi terutama kaum milenial seperti sekarang ini , mulai dari santai , nongkrong sama teman teman , maupun foto selfie jika tempat cafe atau kedai kopi tersebut instagramable yang setelah ngopi atau selfie bisa langsung posting di media sosial seperti Instagram .

Kalian sudah tahu belum sih , kalo tanggal 11 Maret ternyata adalah Hari Kopi Nasional , yang tentunya ini menjadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang memang sebagian besar sangat menggemari maupun menyukai kopi . Dan menurut Kompas.Com ada 6 kopi Indonesia yang mendunia diantaranya adalah Aceh Gayo , Toraja , Kintamani Bali , Jawa Barat , Papua , dan Sumatera .

Dikutip dari Wikipedia sendiri pengertian kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk . Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara dan ada dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica) .

Dan dari biji kopi sendiri ada beberapa nutrisi atau kandungan gizi yang terdapat didalamnya seperti Kafeina , Alkoloida Teofilin , Teobromin , Paraxantin , Liberin , dan Mettiliberin serta Trigonelin . Selain Kopi Arabika dan Kopi Robusta , ada juga Kopi Luwak yang merupakan turunan atau subvarietas dari Kopi Arabika dan Kopi Robusta , dan salah satu jenis kopi lain yang terkenal di Indonesia adalah Kopi Luwak .

Menurut Liputan6.Com ada 5 produsen kopi terbesar di dunia yaitu Brasil , Vietnam , Kolombia , Indonesia , dan Honduras . Untuk minuman kopi juga ada berbagai jenisnya dan sering juga kita jumpai misalnya seperti Cappuccino , Kopi Tubruk , Irish Coffee , Kopi Hitam , Espresso , Latte , Cafe Au Lait , Caffe Macchiato ,Dry Cappuccino , Frappe , Kopi Instan , Melya ,Kopi Moka , Kopi Susu , serta Oleng (Kopi khas Thailand) .

Jadi bagaimana teman-teman , apa kalian juga salah satu penggemar atau pecinta kopi ?  Dan mana tempat favorit kalian ngopi ? Di Warung Kopi atau Cafe ? Kapan-kapan boleh kita ngopi bareng . Selamat Hari Kopi Nasional dan mari kita ngopi , demikian saya Irfan Maulana terima kasih dan salam hangat selalu untuk kita semua .

Sumber: Wikipedia , Kompas.Com , Liputan6.Com , Pixabay .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x