Mohon tunggu...
irene
irene Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Penerima Beasiswa 50% di STP Trisakti

Semoga cerita/artikel saya dapat berguna bagi para pembaca. Terima Kasih.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengalaman Training di HR The Tribrata, Dharmawangsa

29 Maret 2022   12:15 Diperbarui: 29 Maret 2022   12:22 1611
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sedikit informasi untuk para pembaca, kampus saya yaitu STP Trisakti mewajibkan mahasiswanya training selama 2x, yaitu di semester 6 dan di semester 8 (setelah skripsi). 

Durasi atau lama waktu training itu selama 6 bulan, dan mahasiswanya dapat memilih tempat training sesuai dengan keinginan dan passion mereka (boleh di dalam negeri maupun luar negeri) dan tidak dibatasi (mahasiwa bisa memilih mau training di hotel, resort, restaurant, cafe, bakery, perusahaan, dan lain sebagainya). 

Selama pandemi Covid-19 ini, mahasiswa juga bisa izin untuk tidak mengikuti training dan diganti dengan berjualan atau membuka usaha/bisnis sendiri di rumah masing-masing.Nantinya mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan magang atau berwirausaha yang akan di kumpulkan di akhir semester.

Di semester 8 ini tepat setelah skripsi, saya melanjutkan training ke 2 saya di The Tribrata, Dharmawangsa dan memilih Human Resource Department. (Yup, saat ini masih berjalan karena saya baru join di tanggal 2 Februari 2022 lalu).

Selama hampir 2 bulan ini, saya sudah belajar banyak hal baru seperti bagaimana merencanakan sebuah event internal convention hall dan hotel, membuat CTE (Commitment to Excellence) untuk setiap hari Senin sampai jumat yang nantinya akan dibacakan pada saat leader meeting berlangsung, membuat design poster sederhana dengan aplikasi canva atau adobe photoshop, mengikuti leaders forum setiap bulannya, menyusun absensi manual bedasarkan shift masing-masing department yang akan digunakan dan sangat berguna apabila terjadi keadaan darurat atau bencana alam, membuat design name tag untuk para staff baru dan trainee baru, mengirim dokumen ke berbagai department, dan lain-lain.

Namun sangat disayangkan sekali, saya tidak bisa membantu bagian payroll (yang mengurusi skema gaji bulanan karyawan dengan menggunakan sebuah sistem atau aplikasi tertentu) dikarenakan confidential dan hanya bisa dikerjakan oleh staff HR.

Untuk rekan kerja di department HR semuanya sangat baik, welcome, tidak ada senioritas dan saya merasa sudah menjadi salah satu bagian keluarga di HRD meski saya baru training sekitar 2 bulan disini.

Sejauh ini, baru sedikit informasi yang bisa saya bagikan ke pembaca. Nantinya, artikel ini akan saya update lebih detail lagi apabila training ke 2 saya ini sudah selesai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun