Mohon tunggu...
irawan Ardi Wicaksono
irawan Ardi Wicaksono Mohon Tunggu... User

Saya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

PMM UMM Bagikan Masker kepada Warga Desa Sukorejo Tulungagung

17 September 2020   12:40 Diperbarui: 17 September 2020   12:37 5 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM Bagikan Masker kepada Warga Desa Sukorejo Tulungagung
Dok. pribadi

Di tengah pandemi Corona atau Covid-19, pemerintah memberlakukan protokol kesehatan pada kegiatan-kegiatan masyarakat di luar ruangan yang biasa disebut new normal atau kebiasaan baru. protokol kesehatan pemerintah antara lain:

  1. Selalu mencuci tangan setelah beraktivitas,

  2. Hindari menyentuh wajah,

  3. Terapkan etika batuk dan bersin,

  4. Pakai masker,

  5. Jaga jarak,

  6. Isolasi mandiri, dan

  7. Jaga kesehatan

Pemakaian masker masih saja dilanggar oleh masyarakat Desa Sukorejo Kabupaten Tulungagung. hal ini mendorong PMM UMM bersama pemerintah desa membagikan masker secara gratis pada warga desa. Metode pembagian masker dilakukan secara door to door dengan menghitung jumlah anggota keluarga dalam 1 rumah. Tiap 1 orang mendapatkan 2 masker yang dapat secara bergantian digunakan saat berkegiatan di luar rumah. Selain door to door, sasaran pembagian masker kali ini adalah pusat keramain di desa seperti, fasilitas umum, warung kopi, dan pertokoan yang merupakan daerah rentan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dan penularan covid-19. 

Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis yang dapat digunakan secara berulang tetapi tetap dapat melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19. Masker kain ini juga dapat dicuci dan digunakan kembali. Program ini ditujukan pada semua warga Desa Sukorejo dengan adanya pembagian masker ini diharapkan warga Desa Sukorejo menjadi lebih tertib dalam berkegiatan di luar rumah dengan mematuhi protokol kesehatan. Setelah pembagian masker ini pemerintah akan melakukan beberapa tindakan penertiban terhadap warga yang mengabaikan perintah untuk tetap menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah, agar masyarakat lebih tertib dalam berkegiatan di luar rumah.

Selasa (8/9/2020), kegiatan pembagian masker disambut baik oleh warga Desa Sukorejo, "Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah Desa dan pihak-pihak terkait atas pembagian masker ini, saya berharap kedepannya pemerintah dan masyarakat dapat berkolaborasi bersama memutus rantai penularan covid-19 di Indonesia," ujar Endah salah satu warga yang menyambut dengan baik program pembagian masker ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x