Ira Lathief
Ira Lathief

a Writer, a Story Teller, a Tour Guide, a Creativepreneur, a Friend for Everybody, a Princess in your heart :-)

Selanjutnya

Tutup

Jakarta highlight

Raffles, Orang yang Berjasa Membangunkan Borobudur dari Tidur Panjangnya

11 Oktober 2017   19:22 Diperbarui: 11 Oktober 2017   22:49 470 1 0
Raffles, Orang yang Berjasa Membangunkan Borobudur dari Tidur Panjangnya
Dokumen pribadi

Tahukah Anda? Sir Thomas Standford Raffles, seorang Gubernur Jendral  asal Inggris yg pernah memerintah di Tanah Jawa dg waktu sangat singkat  adlh orang yg sangat berjasa dlm membangkitkan kembali Borobudur dari  tidur panjangnya. 

Raffles lah yg memerintahkan dibentuknya sebuah  Ekspedisi utk menemukan kembali keberadaan Candi besar yg lama terpendam  di dalam belantara. Raffles mdptkan informasi ttg Candi raksasa yg  telah lama hilang dari cerita para warga setempat yg mempercayainya  sebagai legenda turun temurun.

Raffles yg juga penggagas Kebun Raya  Bogor dan pendiri Singapura,  memang dikenal begitu mencintai Tanah Jawa  dan budayanya, juga dekat dg warga lokal sehingga ia sering  berinteraksi langsung dg masyarakat hingga ke pelosok Jawa. Dalam  waktunya yg singkat dlm memerintah di Jawa, Rafles menulis sebuah buku  fenomenal yg mendunia "The History of Java". Karena buku itu pulalah, Raffles mendapatkan gelar "Sir" dari pemerintah Inggris. 

Saat ini di Museum  Nasional hingga 15 Okt sdg ada pameran dokumentasi (foto2/video) saat  restorasi Borobudur , dlm rangka nominasi utk Memory of the World  UNESCO.

Pamerannya sangat  menarik , banyak foto2 langka saat Borobudur  pertama kali ditemukan kembali oleh tim Ekspedisi jg saat restorasi di  jaman Kolonial Belanda dan di jaman Orde Baru setelah diberikan bantuan oleh Unesco PP... .yuk rame2 datang, mari  kita belajar lagi dari sejarah bahwa sejak dahulu pun banyak kekayaan  negara kita tdk lepas dari jasa jasa orang asing sekalipun...

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Etapi  kan Borobudur itu dibikin sama orang Islam dan warisan Nabi Sulaeman,  begitu kata segolongan kaum.... buktinya tuh ada kawasan Sleman asalnya  dari kata Sulaeman!  *Ngotot*... orang halu mah bebas ye mau ngomong apa  aje.. wkwkkwkw #CeritaPemanduWisata