Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Misi Pasukan Garuda 5 di Vietnam Selatan

6 November 2019   16:35 Diperbarui: 6 November 2019   16:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Misi Pasukan Garuda 5 di Vietnam Selatan
dok. istimewa

Peran pasukan perdamaian Indonesia dengan tugas untuk memelihara perdamaian di negara-negara yang sedang berkonflik sudah terkenal di dunia sebagai pasukan angkatan bersenjata yang netral dan cinta damai. Hal ini dibuktikan dengan kepercayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada TNI/ABRI dari sejak penugasan di Mesir tahun 1957 hingga kini di Libanon.

dok. istimewa
dok. istimewa
Khusus penugasan di Vietnam Selatan 1973-1974 (45 tahun tahun lalu) ada tiga pasukan perdamaian TNI yang dikirimkan kesana yaitu Garuda 4 (IV), Garuda 5 (V) dan Garuda 7 (VII), sementara Garuda VI dikirim ke Timur Tengah. Garuda 4 (IV) bertugas dari 28 Januari- 13 Agustus 1973. 

Khusus Garuda 5 setelah melalui latihan selama sebulan di daerah Cilodong, Bogor diberangkatkan ke Vietnam dalam lima gelombang dimulai tanggal 21 July 1973 di Bandara Halim Perdanakusuma dan dilepas oleh Ketua G III HANKAM, Brigjen TNI Susilo Sudarman.

dok. istimewa
dok. istimewa
Gelombang kedua keberangkatan tanggal 28 July 1973 dimana Ketua MISRIGA Duta Besar (Dubes) H.R.Dharsono untuk Khmer dan Komandan Kontingen Garuda (Konga) V Brigjen TNI Harsoyo ikut serta. 

Pemberangkatan Garuda 5 gelombang ini dilepas Menteri Pertahanan Keamanan Panglima Angkatan Bersenjata RI, Jenderal Maraden Panggabean. Gelombang terakhir diberangkatkan pada 18 Agustus 1973. Garuda 5 bertugas di Vietnam selama 9 (sembilan) bulan dari Agustus 1973 hingga April 1974.

dok. istimewa
dok. istimewa
Pada penerbangan ke Vietnam Selatan, Kontingen Garuda (Konga) V menggunakan pesawat Hercules C-130 milik AURI dan memakan waktu empat jam dan mendarat di Bandara Tan San Nhut Airbase, Saigon (Ibu kota Vietnam Selatan). Orang Vietnam menyebutkan dengan istilah "Chicken four go back and chicken five come" , entah ini lelucon, ejekan atau pujian?

dok. istimewa
dok. istimewa
Misi Garuda 5 kelanjutan dari Garuda 4 yang diberangkatkan sebelumnya sebagai amanat hasil persetujuan genjatan senjata di Paris antara pihak-pihak yang bersengketa yaitu Vietnam Utara, Vietnam Selatan, Amerika Serikat dan Pemerintah Revolusioner Vietnam Selatan. Dibentuklah Komisi Pengawas Internasional agar genjatan senjata berjalan dengan baik yang dinamakan ICCS (International  Commission Control and Supervision).

dok. istimewa
dok. istimewa
Negara-negara yang ditunjuk sebagai anggota ICCS adalah Indonesia, Kanada, Polandia dan Hongaria.  Namun sejak 31 July 1973, Kanada menarik diri dan digantikan oleh Iran yang baru bisa aktif Oktober 1973.

Persiapan tim pasukan Garuda V di Cilodong, Bogor dipusatkan di kompleks KOPUR LINUD 16/ KOSTRAD. Proses penggemblengan ini meliputi tes kesehatan, ceramah dan pelajaran dasar sebagai pasukan perdamaian dibawah ICCS di Vietnam Selatan.

Seperti yang dilaporkan oleh Brigjen Harsoyo sebagai Komandan Garuda 5 dalam buku kenang-kenangan Garuda 5 selama melaksanakan tugas sebagai pengawas internasional, Garuda V bersikap netral alias tidak memihak namun di lapangan, pasukan perdamaian lain (Polandia  dan Hungaria) bersikap sebaliknya dengan mendukung pihak lain (Vietnam Utara), mungkin saat itu mereka berpaham sama, komunis yang berkiblat ke Uni Soviet (Rusia).

Brigjen Harsoyo melanjutkan kedua negara tersebut terang-terangan membela Vietnam Utara baik tingkat pertemuan regions, subregions dan di markas besar (headquarters). Buktinya bila ada pelanggaran gencatan senjata yang dilakukan Vietnam Utara, dua negara blok timur itu (dulu Pakta Warsawa) tidak mau hadir, jadi yang hadir hanya Indonesia. Mungkin ini yang membuat Kanada menarik diri dari ICCS dan kemudian digantikan Iran.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x