Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Membanding-bandingkan dalam Bahasa Inggris

26 April 2019   08:10 Diperbarui: 26 April 2019   08:36 0 2 0 Mohon Tunggu...
Membanding-bandingkan dalam Bahasa Inggris
Olahan pribadi

Membandingkan dua hal atau lebih dalam Bahasa Inggris ternyata banyak variasinya dan ada pakem atau rumus yang mungkin kita telah pahami sejak sekolah dulu namun seiring waktu, ilmu tersebut terlupakan dan hilang. Berikut sedikit catatan tentang perihal diatas dan mudah-mudahan bisa melancarkan komunikasi kita dalam Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Comparative Adjective

Istilah ini digunakan untuk membandingkan dua hal baik benda mati (noun) atau orang (people). Rumus umumnya , kata sifat yang dibaca dengan satu suku kata (one syllable) akan mendapatkan tambahan --er seperti easy jadi easier, smart jadi smarter dan cheap jadi cheaper.

Contohnya :

(a)Anti is smarter than July. (Anti lebih pintar dari July)

(b)Candies are cheaper than chocolates. (Permen lebih murah daripada coklat)  

(c)Many latest English tests are easier to solve than previous ones.  (Banyak dari soal test Bahasa Inggris saat ini lebih mudah untuk dikerjakan daripada soal test sebelumnya).                       

Namun ada pengecualian (exception) untuk penggunaan untuk kosa kata yang terdiri dari dua suku kata atau lebih seperti careful, careless, interesting,beautiful dll, karena mereka tidak otomatis menjadi carefuler atau beautifuler namun menjadi more careful dan more beautiful. More artinya lebih namun bagaimana kalau kurang, gunakan less sehingga menjadi less careful, less interesting dll.

Contohnya :

(a)Driving a car is more difficult than riding a motor bike (Mengendarai mobil lebih sulit daripada mengendarai sepeda motor)

(b)Diving is more sensational than snorkelling. (Menyelam itu lebih sensasional daripada snorkelling).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN