Mohon tunggu...
Intan Zulfiana
Intan Zulfiana Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu rumah tangga

Seorang introvert yang di dalam kepalanya ramai akan ide, gagasan, dan kata-kata, sesekali menuangkannya dalam tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Kandungan Skincare yang Wajib Ada di Daftar Skincare Routine Kamu, Umur 20 ke Atas, Wajib Tahu!

17 September 2022   10:28 Diperbarui: 17 September 2022   10:33 103 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merawat kulit dengan bekal pengetahuan itu penting. Ilustrasi : www.pexels.com (Andrea Piacquadio)

Sekarang ini produk skincare baik lokal maupun luar semakin digandrungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Kesadaran akan merawat kulit semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Trend perawatan kulit terutama kulit wajahpun mengalami pergeseran. Bertahun silam, orang banyak mempercayakan rangkaian perawatan kulit mereka pada dokter kulit atau klinik kecantikan. Kini, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dalam merawat kulit meski tak harus datang ke dokter kulit.

Beberapa tahun terakhir, orang jadi semakin bebas menggunakan skincare dengan cara memilih dan menentukan sendiri produk apa yang akan mereka gunakan. Baik dengan membeli di drug store, maupun online store masing-masing brand skincare. Hal ini seiring dengan trend produk skincare yang semakin terbuka dalam membeberkan komposisi bahan apa saja yang ada dalam produk mereka. Termasuk dalam memberikan pilihan varian dalam produk-produknya. Dengan bekal informasi dan pengetahuan yang dapat diakses melalui internet, user dapat mengetahui fungsi dari masing-masing kandungan skincare, manfaat, serta apakah kandungan tersebut bisa mereka gunakan disesuaikan dengan kondisi dan tipe kulit mereka. 

Nah, dari sekian banyak kandungan skincare beserta manfaat yang dimilikinya, ada beberapa bahan dalam skincare yang populer dalam merawat hingga memperbaiki permasalahan kulit. Diantara bahan-bahan tersebut, mungkin sudah tidak asing lagi bagi konsumen atau mungkin sudah masuk dalam daftar skincare routine.  Apa saja, sih, bahan-bahan tersebut? Mari kita cari tahu dari rangkuman di bawah ini.

  1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid dikenal sebagai kandungan skincare yang ampuh untuk menghidrasi kulit. Hyaluronic Acid atau yang biasa disingkat HA, bekerja dengan cara masuk ke dalam kulit dan menahan kadar air yang ada di dalam kulit kita. Kandungan HA biasa ada di produk skincare dalam bentuk toner, serum, bahkan moisturizer. Menggunakan produk skincare yang mengandung HA dapat menjaga kulit kita agar terus terhidrasi dengan baik. Karena sejatinya, kulit yang sehat adalah yang terjaga hidrasinya dan tidak kering. Kulit yang kering, selain membuat tidak nyaman, juga membuat kulit terlihat kusam dan muncul kerutan. Hyaluronic Acid bagus untuk mengembalikan ph kulit usai mencuci muka dengan sabun muka. Oleh karenanya, menggunakan skincare seperti toner atau serum yang mengandung Hyaluronic Acid setelah mencuci muka dengan sabun, akan sangat bermanfaat untuk menjaga performa kulit agar tetap sehat, segar, dan kenyal.

  1. Vitamin C

Seperti kita ketahui, bahwa vitamin c memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Termasuk untuk kulit juga, lho. Perlu diketahui, bahwa vitamin C merupakan kandungan skincare yang paling banyak penelitiannya. Vitamin C juga memiliki banyak turunan yang memiliki karakteristik dan kemampuan berbeda-beda dalam merawat kulit. Diantaranya yang paling populer dan sering dipakai di produk skincare adalah L-Ascorbic Acid. Vitamin C sebagai antioksidan mampu menangkal radikal bebas. Manfaat lain dari vitamin C seperti mencerahkan kulit, melembabkan, mengontrol jerawat, meredakan iritasi, hingga meratakan warna kulit atau memudarkan pigmentasi pada kulit.

Tips memilih produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C, salah satunya dengan memperhatikan kadar persentasenya. Semakin tinggi kadar persentase vitamin C dalam skincare, semakin baik pula hasilnya. Meski begitu, pilih produk dengan kandungan vitamin C rendah untuk pemula, atau yang belum terbiasa menggunakan skincare berbahan vitamin C. Biasanya kadar vitamin C yang aman bagi pemula adalah di bawah 10%. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan kadar persentase vitamin C misal 10% bahkan lebih dengan tetap memperhatikan reaksinya pada kulit. 

  1. AHA BHA

AHA atau singkatan dari Alpha Hydroxy Acid dan BHA yaitu Beta Hydroxy Acid, adalah sejenis asam yang banyak digunakan untuk eksfoliasi kulit. Exfoliasi, adalah proses pembersihan kulit hingga lapisan kulit terdalam. Di dalam pori-pori terdapat minyak dan kotoran yang jika tidak dibersihkan dengan baik akan menimbulkan masalah yang lebih banyak. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan minyak berlebih, beruntusan, hingga jerawat. Nah, eksfoliasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk membersihkan kulit dengan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan