Mohon tunggu...
Intan Julita
Intan Julita Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik UPI 2021

Sedang melaksanakan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI 2021: Yuk Intip Berbagai Kegiatan Seru Penguatan Pembelajaran Daring Melalui KKN Tematik UPI 2021

25 Juli 2021   14:36 Diperbarui: 25 Juli 2021   15:32 59 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya pandemi Covid-19 telah mengubah kegiatan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan. Perubahan ini membuat sekolah-sekolah di berbagai jenjang dihimbau untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring  sudah menjadi pola pembelajaran yang dilakukan sekolah saat ini. Pembelajaran daring  menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan saat ini agar proses belajar tetap terlaksanakan. Perubahan ini membuat adanya adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.

Kondisi pandemi seperti ini tidak menghalangi Intan Julita, Mahasiswi UPI Kampus Cibiru untuk melaksanakan kegiatan KKN dibidang pendidikan yang bertempat di Kabupaten Garut. Kegiatan KKN tahun ini masih dilaksanakan secara Daring di lingkungan tempat tinggal masing-masing mahasiswa, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) merumuskan berbagai program dan kegiatan KKN dengan mengusung tema KKN Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan KKN ini memberikan ruang dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdi di tengah situasi pandemi.

Dampak pandemi Covid-19 hampir dirasakan oleh semua masyarakat, salah satunya oleh guru dan siswa yang harus melaksanakan pembelajaran daring. Tidak sedikit guru dan siswa yang masih kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Dengan adanya program KKN ini, Intan bergerak untuk melaksanakan penguatan pembelajaran daring bagi guru dan siswa di lingkungan sekitar, dengan tujuan membantu para guru dan siswa yang mempunyai kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring di tengah pandemi ini.

SDN 1 Cigagade sebagai tempat Intan melaksanakan KKN menyambut baik dengan program KKN ini, bahkan kepala sekolah mengusulkan beberapa rencana yang ingin dilaksanakan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran daring, seperti melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan zoom, meet dan lain-lain. Karena, pada saat diskusi yang dilakuakan bersama salah satu guru dan kepala sekolah, menyebutkan bahwa, “ Selama masa pandemi, ibu suka kasih video penjelasan materi sederhana dari orang lain yang kaya video PPT atau cuma ngasih foto materi dari buku saja terus tugas dikirm di Whattsapp Group, soalnya ibu gak tau gimana cara merekam suaranya kalau bikin video PPT tersebut, terus gak tau caranya kalau mau bikin meet dan zoom itu” ungkap salah satu guru.

Keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi menjadi kendala yang dihadapi sekolah SDN 1 Cigagade dalam melaksanakan pembelajaran daring. Dari permasalah tersebut, Intan akhirnya memutuskan untuk membuat video pembelajaran sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam program penguatan pembelajaran daring kepada guru. Pembuatan bahan ajar tersebut  dibuat dengan hasil pertimbangan dan diskusi bersama guru.  Selain itu, Intan melakukan kegiatan pengenalan kepada guru mengenai penggunaan dan pemanfaatan aplikasi penunjang pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu membuat sebuah video tutorial bagi guru mengenai cara membuat video pembelajaran dengan menggunakan PPT, Video tutorial pembuatan soal dan absen melalui google formulir bahkan kuis menggunakan Quiziz.

dokpri
dokpri

Namun bukan hanya melaksanakan program penguatan kepada guru, Intan juga melaksanakan program pendampingan kepada siswa dan orang tua siswa. Pendampingan kepada siswa dilakukan untuk membantu siswa dalam mempelajari materi yang kurang dipahaminya, sedangkan pendampingan kepada orang tua yaitu melaksanakan pendampingan mengenai bagaimana cara orang tua dalam mendampingi anak selama belajar dirumah bahkan dalam membentuk karakter siswa dengan membagikan poster, video edukasi dan diskusi bersama orang tua melalui Whattsapp Grup.

Dengan diadakannya program ini semoga dapat membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi guru dalam pembuatan media dan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang lebih bervariasi, serta memberikan pengetahuan bagi orang tua dalam membimbing anak selama belajar di rumah.  

Penulis : Intan Julita - 1804213 - PGSD UPI CIBIRU - Kelompok 1

Dosen Pembimbing Lapangan : Ibu Mirawati, M.Pd.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN