Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ini 5 Manfaat Mendongeng dan 3 Situs Cerita Anak Gratis

20 November 2020   06:41 Diperbarui: 20 November 2020   13:49 175 28 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 5 Manfaat Mendongeng dan 3 Situs Cerita Anak Gratis
Sumber: freepik.com

Waktu kita kecil, mungkin saja kita beruntung sekali boleh mendengarkan dongeng sebelum tidur. Siapa pendongengnya? Biasanya ayah dan atau ibu. Meskipun lelah bekerja, ayah dan atau ibu tetap bersemangat mendongeng di malam hari.

Dengan mendongeng pada anak-anak, ada aneka manfaat yang didapat:

1. Ikatan orang tua dan anak semakin kuat

Semakin intens orang tua dan anak menjalin kebersamaan, semakin kuat pula ikatan orang tua dan anak. Bermain bersama, melewatkan waktu santai, dan juga mendongeng menjadi sarana untuk mempererat ikatan batiniah antara orang tua dan anak.

2. Meningkatkan kosakata anak

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dimuat publikasinya dalam Time membuktikan bahwa membacakan dongeng atau cerita pada anak sejak dini mengaktifkan bagian otak yang memungkinkan mereka untuk memahami arti kosakata dan kalimat.

3. Menyiapkan anak untuk memahami bahasa formal

Meskipun bahasa yang digunakan dalam buku dongeng adalah bahasa sederhana, tetap saja bahasa itu cenderung merujuk pada bahasa formal. Ada aturan bahasa yang kurang lebih ditaati para penulis buku atau cerita anak.

Menurut laman ini, membacakan dongeng bermanfaat untuk memperkenalkan bahasa buku, yang berbeda dari bahasa percakapan yang didengar dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mendukung keberhasilan belajar anak

Menurut laman pbs.org, semakin banyak kata yang dikenal sewaktu masa kanak-kanak, semakin banyak kata yang akan mereka pelajari. Semakin kuat kemampuan bahasa mereka ketika mereka mencapai taman kanak-kanak, semakin siap mereka untuk dapat membaca. Semakin baik mereka membaca, semakin banyak kemungkinan besar mereka akan lulus dari sekolah menengah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x