Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Waspada "Krypto Kolonialisme" dalam Investasi Bodong

19 Februari 2022   04:56 Diperbarui: 19 Februari 2022   17:57 1033 58 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustras bitcoin (Dok. Pixabay/Michaelwuensch)

Krypto kolonialisme sudah di depan mata, waspadalah, wajahnya beraneka, ia bisa menjelma dalam bisnis online, investasi bodong dan juga asuransi-asuransi.

Di era digital ini bermunculan banyak nama jenis investasi mulai dari yang sangat terkenal  seperti bitcoin sampai ke jenis yang belum banyak dikenal orang, tetapi mulai diminati oleh artis-artis tanah air. Apapun jenis investasinya hemat saya semua itu masuk dalam kategori bisnis online.

Kalau serius dan jeli mengamati pergerakan bisnis dan investasi itu saat ini, rasanya heboh dan menggemparkan dunia. Apalagi promosinya melalui jalur kenalan, orang-orang yang sudah terkenal dan kaya. Seakan-akan mau disampaikan bahwa "percayalah bisnis ini dan investasi ini paling nyaman, ngapain saya bohongin kamu, karena aku sudah kaya.

Figur publik dan fans rupanya sudah menjadi target dari jaringan bisnis online saat ini. Hal yang terpenting adalah potensi membangun jaringan bisnis yang berkelanjutan (Kontinuität).

Sekalipun tampaknya semua bisnis online atau juga investasi bodong ini sangat menjanjikan, namun tampaknya ada sesuatu yang sama dari semua itu. Kenyataan yang sama adalah bahwa semua bidang usaha zaman metaverse ini menggunakan satu kata, yakni krypto.

Apa sih arti kata krypto itu?

Dalam bahasa Jerman dikenal dengan istilah Kryptowährung, Kryptogeld, Krypto (dari bahasa Yunani kuno krypto, yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman sebagai kata kerja: verbergen verstecken schützen atau menyembunyikan dan melindungi. (Bdk. de. wikipedia.org)

Sedangkan dalam kamus bahasa Yunani "Gemoll" kata  krypto punya tiga arti: pertama, jem, decken, schützen atau seseorang menutupi uang. Kedua, bestatten atau menguburkan, ketiga, verhehlen, verheimlichen, verschweigen atau bersembunyi atau menyembunyikan

Dari arti kata krypto saja sudah jelas bahwa bisnis dan investasi itu punya ciri menyembunyikan uang. Lalu sejauh yang saya tahu bisnis dan investasi itu tidak pernah memaksakan kehendak orang lain.

Bisnis dan investasi krypto itu selalu merupakan bisnis bebas yang ditawarkan secara bebas pula kepada siapa saja yang punya uang. Keputusan untuk masuk ke dalam bisnis krypto itu sama dengan suatu kemauan bebas supaya uangmu nanti akan disembunyikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan