Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ada 5 Kiat Menulis tentang Kesalahan Kecil

21 Desember 2021   15:46 Diperbarui: 1 Januari 2022   13:14 571
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis.| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Keteduhan kata akan berdampak begitu sunyi mengubah manusia dari waktu ke waktu.

No body is perfect, semua orang tahu ungkapan asing yang sudah tidak asing itu. Meskipun demikian cukup sering orang tidak bisa memaknai ungkapan no body is perfect

Di zaman ini ungkapan no body is perfect semakin sulit dipahami, bahkan sampai pada hal-hal kecil yang rupanya merupakan kesalahan teknis semata, orang bisa menjadikannya sebagai status di media sosialnya atau bahkan tema tulisan.

Ya, nggak ada yang larang sih, sah-sah saja, cuma kalau dipikir posisi "yang punya kesalahan itu" ada di pihak penulis, maka kemungkinan besar penulis mengharapkan bahwa tentang kesalahan itu tidak perlu ditulis.

Reaksi timbal balik mengharapkan dipahami dan memahami orang lain yang punya kekurangan, kesalahan teknis itu hampir selalu ada pada setiap orang. Sama seperti setiap tulisan tidak pernah tanpa kesalahan, manusia juga tidak ada yang sempurna.

Kekurangan sana sini, kesalahan ini dan itu, lupa selalu saja ada dalam setiap jejak digital seseorang dan dalam setiap jejak hidup manusia. Pertanyaannya, haruskah kekurangan, kesalahan teknis yang dilakukan seseorang itu ditulis?

Ada 5 kiat menulis tanpa membesarkan kekurangan dan kesalahan kecil. Sebelum dan dalam proses menulis, orang perlu mempertimbangkan lima aspek berikut ini.

1. Kekurangan dan kesalahan apa yang perlu ditulis dan yang tidak perlu ditulis?

Sebenarnya orang bisa menulis apa saja, cuma dalam semua yang bisa ditulis itu, selalu ada etikanya. Sederhana saja kalau menurut saya prinsipnya, "tidak menjadikan kekurangan dan kesalahan teknis yang sangat kecil itu sebagai objek tulisan untuk menyudutkan seseorang atau bahkan lembaga tertentu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun