Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mungkinkah Seseorang Menghapus Kenangannya?

9 Maret 2021   15:34 Diperbarui: 9 Maret 2021   16:12 143 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mungkinkah Seseorang Menghapus Kenangannya?
Woran sich Zeugen erinnern:gedankenwelt.de

Dalam kesempatan diskusi atau bincang-bincang santai sering juga orang berbicara tentang kenangan. Kenangan itu tidak selamanya kenangan yang indah, tetapi juga ada kenangan masa lalu yang sedih, pahit dan menyakitkan. 

Umumnya orang suka mengenang kembali kenangan yang indah, lucu dan gembira sifatnya. Sebaliknya orang akan berjuang sebisanya untuk melupakan kenangan pahit, sedih dan menyakitkan itu, bahkan jika bisa dihapuskan, maka sebaiknya kenangan pahit itu dihapuskan dari ingatan. Pertanyaannya, apakah mungkin orang menghapus kenangannya?

Ulasan pada kesempatan ini tentu berangkat dari pengalaman pribadi, bagaimana menjawab pertanyaan di atas. Berangkat dari pengalaman itu, saya menemukan 5 cara menghapus kenangan. 

Cara terbaik menghapus kenangan adalah menerima kenangan itu

Seberapa sering orang berjuang melupakan kenangan pahit masa lalu, tetapi ternyata orang selalu gagal, bahkan kenangan itu terngiang-ngiang, mengganggu konsentrasi seseorang. 

Pengalaman pribadi membuktikan hal ini, bahwa sebenarnya siapa pun tidak bisa menghapus kenangan, kecuali kenangan kecil yang tidak terlalu berarti, misalnya suatu waktu ia mengantuk dan tertidur dalam suatu perjalanan. 

Hal seperti tertidur dalam perjalanan rasanya terlalu sering bisa terjadi. Namun, kenangan pahit seperti ditinggalkan sang kekasih, atau suatu bencana yang menelan korban seperti teman sekolah yang selalu bersama. Hal itu tentu tidak mudah. 

Melupakan kenangan pahit, kehilangan, menyakitkan hanya mungkin terjadi untuk beberapa saat, selanjutnya kenangan itu akan bisa datang lagi kapan saja. Jadi, sebetulnya kenangan itu tidak bisa dihapus. Cara terbaik agar kenangan pahit itu tidak mengganggu pikiran seseorang adalah dengan berproses sampai bisa menerima peristiwa dan kejadian itu. 

Bahkan pencapaian terbaik dari suatu proses sampai pada seseorang bisa melihat pesan dari peristiwa atau kejadian yang menyakitkan itu. Ada beberapa tahap yang memungkinkan seseorang sampai pada kemampuan menerima kenangan pahit:

1. Tahap Meditasi buka hati

Suatu eksperimen sederhana sudah pernah saya lakukan sejak tahun 2010. Bersama beberapa teman kami mengorganisir kegiatan meditasi bagi orang muda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x