Innnayah
Innnayah Content Creator

www.innnayah.com | www.cinematic.id | www.pekalonganku.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tips Membuat Vlog 1 Menit untuk Pemula

8 Oktober 2018   08:48 Diperbarui: 8 Oktober 2018   08:43 778 4 2
Tips Membuat Vlog 1 Menit untuk Pemula
Belajar video vlog 1 menit

Ngaku deh, sekarang lebih suka baca blog atau youtuban? Lebih suka nonton instastory atau scrolling foto di feed Instagram? 2018 ini eranya memang sudah berubah. Konten video bukan lagi ranahnya para videographer professional. Keberadaan smartphone berkamera dengan berbagai fitur pendukung video juga punya andil. Lalu kamu mau diam saja? Yuk beranikan diri bikin vlog 1 menit. Aku mau bagikan tipsnya yang aku sarikan dari penjelasan Meizal Rossi seorang konten creator pada Danone Blogger Academy.

Apa sih Vlog?

"Vlog itu kita ngomong pakai gaya selfie depan kamera dengan sapaan 'hae gaess' gitu lho" kata seorang teman.

Nggak salah sih, tapi ya kurang tepat juga. Vlog merupakan akronim dari video blogging atau ngeblog dalam bentuk video. Bisa berupa cerita, opini, atau dokumentasi dalam bentuk audio visual.

Vlog lebih menarik dibanding tulisan, karena pada dasarnya otak manusia lebih mudah menangkap konten audio visual.

Bingung Mau Ngevlog Apaan?

Pasti deh sebagian besar dari kita sering bingung mau membagikan konten macam apa.

"duh, aku kan jarang traveling...ngga pernah beli barang mahal buat direview, trus aku ngevlog apaa ya?" membatin dalam diri.

Coba bayangkan lagi tentang kemampuan kamu. Hal yang kamu merasa pede dan mahir. Misalnya seorang ibu yang suka masak (meski resep nyontek di google juga haha). Bisa tuh bikin vlog masak sayur asem ala-ala, hmm belum lah ya alabu Sisca Soewitomo.

Atau misal kamu cowok, bikin vlog apa yang harus dilakukan saat ban bocor di tengah jalan.

Konten positif Nggak Harus Mahal

Setuju kan kalau konten vlog yang informatif itu keren? Aku pernah punya pengalaman saat baru tiba di suatu negara dan koperku nggak bisa dibuka. Yang aku lakukan adalah mencari video tutorial cara mengatasi koper macet tidak bisa dibuka. Sebagian besar konten video yang aku dapatkan dibuat sangat sederhana, yang penting pemirsa paham. Tapi alangkah baiknya jika konten informatif tersebut dikemas dengan baik sehingga punya nilai plus.

Vlog cinematic Meizal Rossi

Selama mengikuti Danone Blogger Academy batch 2, ada banyak sekali pakar yang dihadirkan. Semuanya keren dan bikin aku merasa bermetamorfosis menjadi lebih baik. Tapi dari semua sesi yang ada, bagian membuat vlog adalah favoritku. Aku memang beberapa bulan ke belakang ini lagi belajar membuat konten audio visual.

"Siapa sih youtuber favoritmu?" tanya Meizal Rossi ke academia.

"Sam kolder" jawabku.

Meizal Rossi itu inspiratif banget kontennya. Selera anak muda kekinian lah, yang videonya cinematic gitu. Pantas kalau dalam waktu hanya setahun subscriber youtubenya sudah mencapai 7000.

membuat video dari Meizal Rossi
membuat video dari Meizal Rossi
Kekuatan video vlog 1 menit

Kenapa sih harus 1 menit? Bukannya panjang lebih keren ya? Karena kalau 1 menit biar bisa masuk Instagram tanpa terpotong gaes ehhehe. Itu alasan utamanya sih. Instagram memang menjadi social media yang lagi rame banget. Dan it's ok kok upload video 1 menit ke youtube. Selain itu, kita pengen hemat kuota kan? Ahahha. Video 1 menit kemungkinan viralnya lebih besar misalnya dishare dari satu grup whatsap ke grup lain. Untuk pemula, membuat video singkat tentunya lebih mudah dong. Yuk ah kita mulai!

Video Story Telling atau Visual story sih yang bagus?

Video story telling itu dimana kamu ngomong langsung, visualnya bisanya dominan statis, dengan stylenya implusif. Kalau kamu pede nampil di depan kamera, bercerita dengan mengalir, pakai gaya story telling ini boleh banget. Ini contoh video yang aku buat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2