Mohon tunggu...
rifa kusuma fahmawati
rifa kusuma fahmawati Mohon Tunggu... -

http://allaboutkoreankoko.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Kispray Pelicin, Pewangi, Pelembut Jadi Satu Pilihan Anak Kos Cerdas

21 Desember 2014   20:25 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:47 2181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belakangan ini banyak di antara kita semua kurang peduli terhadap kesehatan tubuh kita sendiri, hal ini dapat dilihat dari gaya hidup, pola makan serta kurangnya berolahraga. Seperti diketahui, tubuh manusia sebenarnya rentan terhadap penyakit, maka dari itu kita diharuskan pandai dalammenjaga kesehatan. Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan, mulai dari makan ya teratur, tidur yang cukup dan sebagainya. Badan yang sehat merupakan idaman semua orang, apa jadinya jika badan kita mudah terserang penyakit. Penyakit tidak hanya di dapat karena jarangnya kita berolahraga , namun terkadang penyakit juga datang karena pakaian kita yang tidak bersih. Apa jadinya jika pakaian yang sejatinya melindungi kita dari panas dan dinginnya cuaca justru menjadi penyebab timbulnya penyakit dalam diri kita. Mengerikan bukan ? Apalagi sekarang banyak penyakit yang ditularkan tidak hanya lewat udara tapi juga lewat pakaian yang biasa kita kenakan.

Jika bercerita tentang pentingnya kebersihan pakaian , jadi teringat pengalaman pribadi tentang pentingnya menjaga kebersihan. Ya , saya yang sudah hamper 3 tahun menjadi anak kos , punya hal yang menarik untuk diceritakan tentang kebersihan pakaian. Sedikit cerita nih , dulu awal-awak jadi anak kos , aku pun tidak pernah mencuci pakaianku sendiri , entah kenapa saya sangat malas ketika dihadapkan dengan cucian yang menumpuk. Alhasisl saya pun selalu laundry di tempat laundry yang tak jauh dari tempat kos. Simple memang , dalam sekejap dan tidak perlu bercapek-capek , pakaian yang kotor pun menjadi wangi. Pada saat itu saya tidak peduli entah itu pakaian yang saya laundry sudah bersih atau belum, karena yang terpenting bagi saya pada saat itu adalah pakaian saya wangi.

Suatu ketika saya menyadari ketika kulit saya tiba-tiba merasa gatal, padahal baju saya bersih lho. Lalu saya pun coba ke tempat laundry tersebut , ya di tempat laundry pakaian kita akan sama-sama dicuci bersama pakaian orang lain yang belum tentu pakaian orang lain tersebut tidak terdapat kuman yang menempel. Alhasil saya pun langsung memutuskan untuk memulai mencuci pakaian sendiri. Namun terkadang mencuci pakaian sendiri pun juga tidak bisa menjamin pakaian tersebut bebas dari kuman , karena tentunya di tempat kos kita menjemur pakaian itu bersama-sama dengan pakaian anak kos lain. Selain itu, banyak juga debu-debu dan kuman yang berterbangan yang menempel ke pakaian kita ketika kita menjemur pakaian tersebut.

1419143055717660236
1419143055717660236


Tapi semenjak kejadian itu saya menemukan cara bagaiamana membuat pakaian saya menjadi bebas dari kuman dan tentunya juga wangi. Ketika saya menyetrika pakaian saya , saya tak lupa menyemprotkan kispray anti kuman , selain membuat pakaian mudah halus ketika disetrika , kispray juga membuat pakaian kita wangi , dan tentunya bebas dari kuman.

disini saya juga akan berbagi tips menarik bagaimana mencuci pakaian dan menyetrika pakaian agar pakaian kita bersih , rapi , wangi , dan tentunya bebas dari kuman. ini tips nya :

A.Tips Mencuci Pakaian / Baju


1. Untuk pakaian yang baru dibeli, baru dikasih orang, baru dapat hadiah, dan sebagainya sebaiknya dalam mencuci kita cuci sendiri tidak digabung dengan pakaian yang lain dan tidak di mesin cuci agar aman dari kasus kelunturan. Jika pencucian pertama dan kedua tidak ada masalah maka kita boleh menggabungkannya dengan pakaian lain untuk pencucian selanjutnya.


2. Pilah-pilah pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Jangan menggabung pakaian yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari karena baju yang tadinya bersih bisa terkontaminasi kotoran.


3. Jangan rendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan deterjen agar tidak rusak.


4. Apabila anda membeli atau mendapat baju bekas / second yang pernah dipakai orang lain maka cuci pakaian tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju-baju tersebut dapat bersih.



5. Pada saat mencuci gunakan perasaan dan jangan emosi. Hati-hati pada saat menyikat pakaian, memeras pakaian, mengucek pakaian, membanting pakaian, dll jangan terlalu keras agar baju-baju tidak cepat rusak dan melar.


6. Bila menginginkan hasil yang lebih baik dan lebih bersih serta lebih yakin maka sebaiknya anda cuci pakaian tersebut secara manual dengan tangan anda sendiri. Mesin cuci yang pada saat mencuci diset tidak sesuai dengan bahan pakaian atau sablon bisa membuat pakaian rusak.


7. Biasanya pada laber pakaian yang terdapat di leher atau bagian pinggang terdapat pesan-pesan dari pabrik mengenai perlakuan yang seharusnya dilakukan pada saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, zat kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dsb. Pelajari bahan-bahan pakaian dan cara pencuciannya agar tidak salah metode / teknik mencuci.


8. Zat pemutih pakaian yang terlalu kuat dapat menyebabkan sablon mengelupas dan rusak serta membuat bahan pakaiannya menjadi lebih tipis dan kasar.


9. Pakaian jenis tertentu dengan bahan khusus atau mudah rusak sebaiknya cucilah di tempat cuci laundry profesional agar pakaian kita bisa awet selalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun