Mohon tunggu...
Hany Ahyun Usadani 21104080006
Hany Ahyun Usadani 21104080006 Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

jalan-jalan, edukasi, hiburan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Enak Jadi Anak Kosan atau Anak Rumahan Sih?

12 Mei 2024   23:15 Diperbarui: 12 Mei 2024   23:32 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Dokumen Pribadi

Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa disebut Jogja merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh para pelajar dan mahasiswa.

Kota Yogyakarta mendapat julukan sebagai Kota Pelajar karena kota tersebut memiliki banyak institusi-institusi besar dalam pendidikan dan pusat-pusat pendidikan yang berdiri di Yogyakarta.

Banyak para pendatang dari luar kota yang berdatangan untuk mencari ilmu dan menempuh pendidikan. Para pelajar yang berdatangan ke Yogyakarta kebanyakan memilih kos-kosan sebagai tempat tinggalnya.

Akan tetapi, ada juga yang memilih mengontrak dengan teman-teman sedaerahnya. Bagi pelajar yang memilih kos-kosan sebagai tempat tinggalnya, pasti memiliki banyak cerita dan pengalaman selama tinggal di kos-kosan.

Kos-kosan kebanyakan ditemukan di daerah dekat kampus dan pusat pendidikan lainnya. Jenis kos-kosan ada berbagai macam, misalnya kos eksklusif, kos-kosan muslimah, dan kos-kosan bebas.


Kos eksklusif biasanya memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari kamar mandi dalam hingga sudah disediakan perabotannya dan juga ber-AC. Kos muslimah biasanya peraturannya ketat dan hanya di huni oleh para perempuan.

Sedangkan kos bebas biasanya peraturannya bebas dan boleh membawa teman yang tidak sejenis. Kos-kosan juga disesuaikan berdasarkan harga dan fasilitasnya.

Adapun untuk pembayaran kos-kosan ada yang secara mingguan, bulanan, maupun tahunan serta tergantung kesepakatan dengan pemilik kos.

Menjadi anak kosan tentunya ada sisi enak dan tidak enaknya. Hal-hal yang dialami ketika menjadi anak kos yaitu :

  • Dekat dengan kampus : Mahasiswa yang tinggal di kosan menjadi lebih mudah aksesnya untuk belajar di kampus karena lokasinya dekat dengan kampus dan bebas bolak-balik kos ketika tiba-tiba jam kosong.
  • Akses ke kampus lebih mudah : Ketika lokasi kosan dengan kampus berdekatan, maka ketika ada acara mendadak atau keperluan mendadak dapat tertangani.
  • Belajar mandiri : Menjadi anak kos juga merupakan salah satu proses pendewasaan agar dapat belajar hidup mandiri.
  • Harus memanage uang dengan baik : Kebanyakan anak kos mendapat kiriman dari orangtuanya setiap satu bulan sekali, maka anak kos harus dapat memanage uang dengan baik untuk penggunaan selama satu bulan.
  • Bebas melakukan kegiatan : Anak kos dapat dengan bebas melakukan kegiatan-kegiatan karena tidak langsung dipantau oleh orangtua. Jadi, anak kos cenderung merasa bebas ketika jauh dari orangtua.
  • Jauh dari orangtua dan kampung halaman : Para pelajar yang berasal dari luar kota harus rela untuk berjauhan dengan orangtua dan melakukan komunikasi secara tidak langsung.

Selain itu, pelajar di Yogyakarta juga berasal dari daerahnya sendiri. Pelajar atau mahasiswa Yogyakarta yang berasal dari daerahnya sendiri kebanyakan memilih untuk tidak nge kos dan memilih pulang balik dari rumah ke kampus atau tempat pendidikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun