Mohon tunggu...
Indri Amanda
Indri Amanda Mohon Tunggu... Lainnya - Serahmu sal

Aku nggak tau

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Webinar Resume STIAMAK (Indri Amanda Agustina)

25 Oktober 2020   09:07 Diperbarui: 25 Oktober 2020   09:12 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB 1 PSIKOLOGI MANAJEMEN

*Jumlah SKS: 2 SKS

*tujuan instruksional umum (ITU):
Memahami peran psikologi dalam manajemen dan organisasi dan dapat menerapkan didunia kerja

PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM

a.Aliran-aliran psikologi
b.Peran-peran psikologi Kontemporer
c.Peran psikologi dalam kehidupan sehari-hari
d.Peran psikologi dalam Industri dan Organisasi
e.Peran psikologi dalam Manajemen

A.Aliran-aliran psikologi

1. Psikoanalisa
 Asumsi dasar Perilaku dipicu oleh masa lalu dan bawah sadar, Psikoanalisa merupakan suatu sistem dalam psikologi yang berasal dari penemuan-penemuan Freud dan menjadi dasar dalam teori psikologi Psikoanalisa memandang kejiwaan manusia sebagai ekspresi dari adanya dorongan yang menimbulkan konflik

Tokohnya : Sigmund Freud, psikiatris dari Austria, 1856-1939

2. Psikologi Behavioristik
 Asumsi dasar perilaku dipicu oleh hokum sebab akibat, stimulus dan respon, reinforcement law

Tokohnya : Skinner (1904-1990), Pavlov (1849-1936)

3, Psikologi Humanistik
 Asumsi dasarAktualisasidiri manusia,hierarchy of needs

Tokoh : Abraham Maslow (1908-1970)

4, Psikologi Transpersonal
 Transpersonal psychology is a label for a type of psychological theory that embraces a wide variety of ideas that have nothing to do with religion and everything. Transpersonal psychology looks at the whole human experience

Missal : meditasi, ekstase, dll Tokoh : Mc Waters (1975)

B.Peran psikologi Kontemporer

1.psikologi klinis  
2.psikologi perkembangan
3.psikologi sosial
4.psikologi islam

C.Peran Psikologi dalam Kehidupan Sehari-hari 

1.Intervesi individu
2.Intervesi kelompok
3.Intervesi organisasi

D.Peran Psikologi dalam Industri dan Organisas

1. Analisis Jabatan (Job Analysis)
2. Pengembangan Organisasi (Organizational Development)
3. Asesmen Centre
4. Training and Development
5. Manajemen berbasis Kompetensi
6. Couching and Counseling
7. Industrial Relation

E.Peran Psikologi dalam Manajem

* Pengertian : cabang psikologi yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam sebuah proses manajemen

 * Peran : memahami, menganalisis, mengintervensi untuk meningkatkan efisiensi capaian organisasi

BAB 2 PSIKOLOGI MANAJEMEN

DEFINISI
a.Managerial psychology is the study of people and their behaviour during working process and the study of the company as well. psychology which are applied to those companies and human activities inside them in order to better understand the

NEXT -- DEFINISI

b. Psikologi manajerial adalah sub-disiplindari Psikologi atau Manajemen.

yang berfokus pada pemahaman perilakuorganisasi (Shenge, 2014).

NEXT -- DEFINISI

c. Psikologi manajemen adalah cabang daripsikologi industry dan organisasi. dalamkonteks manajemen keorganisasian, denganfocus kajian individu, tim atau kelompok proses produktivitasmanusia  mencapai tujuan organisasi.

Aspek-aspek dalam psikologi manajemen

1. Organization behavior
2. Attitudes to work and the individual variations
3. The effort motivation
4. The selection of employees
5.  To measure and to manage the performance
6.  Training and advancement of employees
7. To manage the career
8.  Health and safety precautions at work
9. The teams
10. Leadership and the management of the company
11. The culture of the company

1.Organization behavior

Perilaku organisasi adalah Perilaku Organisasi adalah bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana seseorang atauindividu bertindak dan berperilaku dalam suatu organisasi,
 Studi Perilaku Organisasi ini berusaha untuk menjelaskan seluruhfaktor manusia yang kompleks dalam organisasi dengan mengidentifikasi penyebab dan efek dari perilakunya.

2.Attitudes to work and the individual variations

Sikap kerja dan variasi perilaku individu dalam organisasi            

3.The effort motivation

Motivasi adalah proses yang menjelaskan mengenai adanya sebuah intensitas, ketekunan, dan arah

 dari

individu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkanterlebih dulu sebelumnya. Setidaknya, terdapat 3 elemen utama yang tercantum dalamdefinisi motivasi tersebut, yaitu arah, ketekunan, dan intensitas.

4.The selection of employees

Proses seleksi karyawan di sebuahorganisasi.

5.To measure and to manage

 Mengukur dan mengelola kinerja

6. Training and advancement of employees

Mendidik melatih para karyawan

 7. To manage the career

Mengelola dan merencanakankarir karyawan dalam organisasi

8. Health and safety precautions at work

Kesehatan dan keselamatan kerja di organisasi (manajemen K3: polusi, kebisingan, risiko, mitigasi, barangberbahaya beracun, ergonomic, danlainnya).

9. The teams

Mengelola tim kerja dalam organisasi

10. Leadership and the management of the company

Kepemimpinan dan manajemen dalamorganisasi
Beda leader dan manager, versus followership  & keadership

11. The culture of the company

Budaya perusahaan dalam organisasi : tatanilai, kebiasaan, atribut, standar moral danetik, strategi usaha, dan lainnya. 

BAB 3 KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Memahami dan mengerti mengenai definisi, konsep, komunikasi
2.Mampu menjelaskan mengenai komunikasi
3.Memahami dan menjelaskan dimensi-dimensi komunikasi serta konsep lain terkait komunikasi
4.Menerapkan nantinya di organisasi

CONTENT
 
1) Pemahaman Mengenai Organisasi
2) Definisi Komunikasi
3) Pendapat Ahli Lain  
4) Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi
5) Beberapa Pendekatan Dalam Komunikasi Organisasi
6) Terdapat Tujuh Konsep Dalam Komunikasi Organisasi
7) Arah Komunikasi
8) Dimensi Komunikasi
9) Manfaat Pembelajaran Komunikasi
 
1)Pemahaman Mengenai Organisasi

Menurut Henry Mintzbergz secara umum sebuah  organisasi setidaknya memiliki 5 elemen berikut.
The operating core : para pegawai yang melaksanakan pekerjaan dasar yang berkaitan dengan produksi, baik barang maupun jasa.
The strategic apex : seorang pemimpin atau Manajer teratas yang bertanggungjawab penuh atas organisasi tersebut.
The middle line : para manager yang menjadi penghubung antara operating core dengan strategic apex
The technostructure: mereka yang ditugaskan melaksanakan suatu bentukstandardisasi secara khusus dalam organisasi.
The staff support : orang-orang yang mengisi unit staf yang memberikan jasaguna mendukung jalannya organisasi.

2) Definisi Komunikasi

Terdapat empat tahapan komunikasi yang meliputi:

Arnold dan Feldman (1986) komunikasi organisasi adalah"suatu proses pertukaran informasidi antara orang-orang dalam suatuorganisasi"

3) Pendapat Ahli Lain  

Pace dan Faules (2001) : "komunikasi organisasi merupakan perilaku pengatur organisasi yang terjadi di antara orang-orang dalam organisasi.
4)  Fungsi komunikasi dalam organisasi
 1. Fungsi Informatif
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi (information-processing systems).
2. Fungsi Regulatif
Fungsi regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
3. Fungsi Persuasif
Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan.
4. Fungsi Integratif
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan balk. 

5) Beberapa pendekatan dalam komunikasi organisasi

*Pendekatan sistem. organisasi sebagai kehidupan organis yang harus terus menerus beradaptasi pada suatu perubahan lingkungan untuk mempertahankan hidup. ...
*Pendekatan budaya.
          *     Pendekatan kritik

6) Terdapat Tujuh Konsep dalam Komunikasi Organisasi

a.Proses: Organisasi merupakan suatu sistem terbuka yang dinamis. Oleh karena itu,proses dibutuhkan agar dapat menciptakan serta saling menukar pesan di antara anggotanya

b. Pesan: Dalam komunikasi organisasi pesan menjadi suatu hal yang sangat penting.

c. Jaringan: Organisasi ibarat sebuah jaringan yang terdiri atas serangkaian
seri. Seri ini terdiriatas sekumpulan orang yang menduduki posisi atau jabatan tertentu

d. Keadaan Saling Tergantung: Hal ini sudah menjadi sifat organisasi sebagi suatu sistem terbuka.
Ketergantungan dibutuhkan bilamana suatu bagian tidak berfungsi
 Sebagaimana mestinya akanmengganggu kinerja dari bagian lain juga

e.Hubungan: Organisasi sebagai suatu sistem sosial. Fungsi dari
 beberapa bagiannya dijalankanoleh manusia bergantung kepada hubungan
 diantara manusia-manusia itu sebagai anggotanya

f.Lingkungan: Lingkungan adalah semua totalitas baik fisik maupun sosial yang diperhitungkandalam pengambilan keputusan mengenai individu dalam suatu sistem yang disebut organisasi.

g.Ketidakpastian: Dalam komunikasi organisasi, posisi ketidakpastian disini adalah untukmemenuhi kesediaan informasi yang tersedia juga informasi yang diharapkan. 

7)  Arah Komunikasi
 
1. Komunikasi Ke Bawah
Komunikasi ke bawah (downward communication) adalah penyampaian informasi dari atasan ke bawahan sesuai dengan struktural di organisasi.
2. Komunikasi Ke Atas
Komunikasi ke atas (upward communication) adalah penyampaian informasi dari bawahan ke atasan.
3. Komunikasi Horisontal
Komunikasi horisontal (horizontal communication) adalah komunikasi yang melibatkan antar individu atau kelompok pada level yang sama.
4. Komunikasi Diagonal
Komunikasi diagonal (diagonal communication) adalah komunikasi yang dilakukan antar individu atau kelompok pada bagian berbeda dan tingkatan yang berbeda pula.

8) Dimensi komunikasi
* Dimensi komunikasi internal terdiri dari komunikasi vertikal dan komunikasihorizontal. Komunikasi kelompok ialah komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang dalam situasi tatap muka.
*Komunikasi eksternal adalah semua cara ynag dilakukan oleh organisasi untuk berkomunikasi dengan khalayak yang dijadikan sasaran organisasi. Komunikasiekternal ialah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi

9) Manfaat pembelajaran komunikasi
Komunikasi memegang peran penting dalam kehidupan manusia baik dalam sosial ataupun pribadi. Karena itu mempelajari teori komunikasi dan penerapannya sangat penting bagi kita. Komunikasi yang efektif dapat membantu kita memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sosial, profesional, dan pribadai serta dalam memperbaiki hubungan bermasyarakat.

BAB 4 PERILAKU INDIVIDU DALAM ORGANISASI

1. Memahani konsep,definisi, dan mampu menjelaskan mengenai perilaku individu dalam organisasi
2.Mampu menerapkan didunia kerja
3.Elaborasi peran individu dalam organisasi

1)DEFINISI
 Adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi, atau kelompok tertentu.
 
Studi tersebut mencakup pembahasan tentang aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia yang bekerja di dalamnya; juga aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi dimana mereka berada.
Tujuannya memperlancar upaya pencapaian tujuan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun