Mohon tunggu...
Indrarto Triansyah 2034030011
Indrarto Triansyah 2034030011 Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas 17 Agustus Jakarta

Healing dan maen bola

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Instrumen Investasi (Saham)

6 Agustus 2022   15:48 Diperbarui: 6 Agustus 2022   15:55 170 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Instrumen Investasi: Saham   

 Instrumen investasi saham mungkin termasuk salah satu instrument yang kurang populer. Faktanya, persentasi orang Indonesia yang ikut menanamkan saham dan terlibat dalam pasar modal sangatlah rendah.

 Mayoritas orang indonesia hanya menanamkan investasi dalam bentuk tabungan dan deposito. Dilansir Indopriemer.com, dari 260 juta penduduk indonesia hanya sekitar 1% yang paham dan turut serta berinvestasi saham di berbagai instrumen pasar modal.

 Berdasarkan data ini, berarti hanya sekitar 2,6 juta orang yang terlibat penetrasi saham dan pasar modal. Tentunya, data ini menunjukan bahwa informasi seputar pasar modal yang punya potensi keuntungan begitu besar belum menjangkau ke masyarakat secara luas.

 Hal ini tentu memprihatinkan karena untuk tumbuh menjadi negara maju, investasi pasar modal perlu dikuatkan. Negara maju seperti Jepang atau Eropa, memiliki persentase yang lebih besar perihal keterlibatan masyarakat dengan pasar modal.

 Oleh karena itu, penting untuk memasarkan informasi seputar saham dengan baik pada khalayak umum. Bukan hanya demi perkembangan ekonomi negara, tetapi juga sebagai penunjang kehidupan finansial secara pribadi yang sehat di masa depan.

 

Konsep Investasi Saham

 Saham adalah dokumen yang menjadi bukti kepunyaan atas modal perusahaan berbentuk PT yang membagikan hak terhadap dividen dengan penentuan berdasarkan angka modal yang diberikan.

 Di sisi lain, saham juga bermakna hak pemilik terhadap perusahaan sebagai ganti pemberian modal sehingga setiap pemilik sahan berbagi kepemilikan dan juga tanggung jawab pengawasan.

 Investor yang memiliki saham dalam suatu perusahaan bisa mengklaim atas pendapatan perusahaan, aset, dan berhak untuk hadir dalam rapat umum pemegang saham.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan