Mohon tunggu...
Indra Rachmawati
Indra Rachmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Jember

Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Teknologi Komunikasi terhadap Perubahan Sosial Masyarakat

5 Desember 2021   08:08 Diperbarui: 5 Desember 2021   08:34 177 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perubahan-perubahan sosial pada masyarakat tentu akan terjadi, baik itu disengaja maupun tidak. Dengan seiring berjalannya waktu, saat ini perkembangan teknologi terutama teknologi komunikasi tidak dapat terhindarkan dan membawa perubahan sosial bagi masyarakat. Perubahan sosial akibat adanya teknologi komunikasi saat ini terjadi begitu cepat. Saat ini, perkembangan teknologi terjadi dari waktu ke waktu.

Dengan adanya teknologi pada bidang komunikasi ini memudahkan aktivitas masyarakat karena pada dewasa ini, sebagian besar aktivitas masyarakat bergantung pada alat-alat komunikasi seperti handphone dan komputer. Selain memudahkan aktivitas masyarakat, dengan adanya media komunikasi ini juga masyarakat dapat mendapatkan informasi secara luas, misalnya dengan media sosial. Dengan media sosial, masyarakat lebih banyak mengenal dan mendapatkan informasi secara luas.

Namun demikian, dengan adanya teknologi teknologi seperti ini juga membawa dampak negatif bagi pengguna. Misalnya seperti masyarakat masih sering mendapatkan bahkan memercayai berita-berita palsu yang tersebar di media sosial, banyak terjadinya cyberbullying atau perundungan dunia maya. Adanya perkembangan teknologi terutama pada teknologi komunikasi ini telah memengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Kita sebagai pembawa perubahan pada sosial dalam masyarakat sebaiknya bijak dalam menggunakan teknogi yang ada saat ini. Karena perubahan sosial yang ada tidak selalu mengakibatkan perubahan yang berdampak positif namun juga dapat berdampak negatif apabila tidak digunakan dengan bijak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan