Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Solo Traveling ke Bali? Siapa Takut

19 Mei 2022   20:00 Diperbarui: 22 Mei 2022   00:03 968 31 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Solo Traveling Ke Bali | Sumber Shutterstock Via Kompas.com

Pagi tadi saya sempat membaca kisah seseorang di grup Backpacker Indonesia yang menceritakan pengalaman dirinya solo traveling dari Bekasi ke Bali. 

Dirinya bercerita dengan detail perjalanannya dari awal menggunakan kereta Jakarta-Surabaya dilanjutkan dengan kereta lainnya rute Surabaya-Banyuwangi, Menyeberangi feri ke Gilimanuk serta menggunakan bus ke Denpasar. 

Untuk biaya perjalanan khususnya transportasi dari Jakarta-Bali yang ia lakukan bahkan tidak sampai 210ribu rupiah. Bagi saya ini sangat murah dan terjangkau. 

Bandingkan dengan transportasi bus yang pernah teman saya lakukan dari Jakarta-Bali seharga 650ribu kelas eksekutif atau pesawat yang biasanya di harga 600ribuan untuk kelas ekonomi. 

Meskipun tidak dipungkiri dari sisi budget ini sangat efisien namun dari waktu pasti lebih lama karena harus berpindah moda transportasi. 

Kisah lainnya pernah diceritakan oleh teman di kantor. Rasa penasaran dirinya dengan Pulau Bali serta Pantai Kuta, selepas lulus SMA. Dirinya nekat solo traveling dari Jakarta-Bali dengan menumpang truk sayur hingga truk pengiriman. 

Ini karena uang saku yang dibawa tidak banyak karena bermodalkan nekat dan tanpa izin orangtua. Sebenarnya saya kurang menyarankan cara ini namun saya salut dengan mental dirinya yang nekat ke Bali karena ingin menuntaskan rasa penasaran. 

Saya akui banyak orang yang menjadikan Bali sebagai daftar wisata impian yang ingin dikunjungi. Tidak sedikit yang harus menabung agar bisa mewujudkan mimpi ini. 

Namun seringkali ada kendala khusus yang sering menghantui calon wisatawan. Ketakutan untuk solo traveling atau wisata seorang diri. Mereka kurang yakin jika berwisata seorang diri. 

Umumnya kekhawatiran yang dirasakan seperti takut tersesat, tidak tahu wisata menarik yang ingin dikunjungi, bingung transportasi selama di Bali, akomodasi dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan