Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Hati-Hati, Jangan Pandang Remeh Proteksi E-mail Kita

31 Maret 2022   14:12 Diperbarui: 1 April 2022   00:12 1021
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilutrasi email.| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Senin lalu, saya mengalami kepanikan tersendiri di kantor. Rutinitas pagi biasanya saya membuka e-mail untuk mengecek apakah ada e-mail yang masuk. Selain itu saya sering mengirimkan surat terkait penawaran kepada klien atau mengirimkan tugas kerjaan kepada orang kantor pusat. 

Pagi itu ada yang aneh, beberapa e-mail yang saya kirim muncul informasi bahwa gagal terkirim. Saya sempat berpikir mungkin jaringan internet sedang error. Namun muncul pemberitahuan yang membuat saya panik. 

Penggunaan E-Mail Dalam Aktivitas Sehari-hari | Sumber Accurate Online
Penggunaan E-Mail Dalam Aktivitas Sehari-hari | Sumber Accurate Online

Saya menggunakan e-mail domain microsoft dan mendapat pemberitahuan jika e-mail saya terblokir karena terindikasi aktivitas yang tidak normal. Sejak saat itu e-mail langsung tidak bisa terbuka. 

Saya merasa menggunakan e-mail normal hanya untuk pribadi dan kerjaan namun baru saya sadar jika saya log in e-mail di lebih dari 5 gadget. Bahkan komputer saya di kantor Bogor pun belum sempat ter-log out. 

Ilustrasi E-mail Terblokir | Sumber Varnion Technology Semesta
Ilustrasi E-mail Terblokir | Sumber Varnion Technology Semesta

Inilah awal petaka karena sebelumnya saya sempat log in e-mail di gadget baru yang membuat pihak microsoft mencurigai ada penyalahgunaan e-mail saya oleh orang lain. 

Ada rasa panik karena e-mail ini adalah media komunikasi saya dengan banyak pihak dan bahkan saya mendaftarkan akun Kompasiana pun dengan akun e-mail ini. 

Setelah melewati beberapa proses termasuk meminta bantuan orang di kantor Jakarta untuk menginfokan subyek e-mail yang sempat masuk ke e-mail saya sebagai syarat verifikasi. Alhasil e-mail bisa kembali pulih kemarin siang. 

Dari sini saya belajar banyak hal bahwa permasalahan e-mail jangan pernah dianggap sepele. Justru karena kekurangtahuan kita akan pentingnya keamanan e-mail membuat kita rentan terkena pemblokiran atau kita menjadi korban kejahatan cyber crime. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun