Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Tidak Perlu Takut, Berikut Ragam Manfaat Positif dari Merantau

7 Desember 2021   12:04 Diperbarui: 7 Desember 2021   15:28 1839 56 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi merantau | Sumber: THINKSTOCKPHOTOS

Pak, enak gak sih merantau? Seorang di kantor bertanya pada saya. Dirinya tahu kisah saya yang sejak kecil tinggal berpindah-pindah tempat. 

Secara personal saya menjawab menikmati pengalaman merantau di berbagai kota. Saya mencoba flashback saat dulu tinggal di Serang, Denpasar, Malang, Jakarta, Pasuruan dan kini di Bogor. 

Ada berbagai alasan dan kondisi yang membuat seseorang keluar dari kampung halaman dan tinggal di kota baru seperti mengikuti orang tua atau pasangan, lanjut pendidikan, pekerjaan, ingin merubah nasib ataupun alasan pribadi. 

Beberapa teman dan orang di sekitar saya tidak seberuntung saya bisa merantau ke beberapa daerah. Ada teman yang takut jika harus tinggal di daerah baru yang terasa asing baginya. 

Di sisi lain ada yang ingin merantau namun terkendala izin orang tua hingga khawatir tidak betah dan rindu kampung halaman. 

Terlepas dari kekhawatiran dan ketakutan bagi perantau pemula. Saya justru tertarik menyarankan selagi muda untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba merantau. 

Berikut beberapa manfaat dan cara menghilangkan mindset ketakutan merantau dalam diri, apa saja itu?

Merantau Membuat Kita Open Minded

Ada kisah di mana teman semasa kuliah sakit hati karena temannya menggunakan intonasi suara tinggi saat berbicara padanya. 

Baginya orang tersebut seakan ketus dan marah padanya. Dirinya tidak terbiasa jika ada lawan bicara yang memiliki intonasi tinggi dan ceplas-ceplos. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan