Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Hanya seorang pria biasa

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Uang 75 Ribu Rupiah Terbit, Akankah Dikira Uang Palsu?

18 Agustus 2020   08:46 Diperbarui: 19 Agustus 2020   20:01 109 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Uang 75 Ribu Rupiah Terbit, Akankah Dikira Uang Palsu?
Uang Pecahan Rp. 75.000 Terbitan Bank Indonesia. Sumber CNN Indonesia

Ada yang spesial dalam perayaan HUT 75 RI, Bank Indonesia secara resmi menerbitkan uang pecahan Rp. 75.000. Bisa dikatakan bahwa pecahan ini baru pertama kali diterbitkan sebagai peringatan 75 tahun kemerdekaan RI.

75 tahun bukanlah waktu sebentar bila dikaitkan dalam istilah ulang tahun pernikahan di usia tersebut dengan istilah Berlian

Berlian sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yang berarti tak terkalahkan dikarenakan berlian merupakan batu permata yang dikenal paling kuat dibandingkan batu permata lainnya. 

Saya menilai bahwa bahwa dengan usia kemerdekaan RI yang ke-75 ini semoga juga semakin menjadi bangsa yang kuat. Ini ditegaskan dengan angka 75 yang dibuatkan dengan font besar untuk memperkuat peringatan HUT 75 RI.

Penerbitan yang 75 ribu diumumkan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani melalui video conference bertajuk Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI. 

Uang ini diterbitkan dengan menampilkan wajah sosok Proklamator yaitu Ir Soekarno dan Mohammad Hatta dengan dihiasi latar pengibaran bendera serta MRT sebagai moda transportasi unggulan saat ini pada bagian depan uang. 

Bagian belakang dihiasi gambar 9 orang anak dengan berpakaian tradisional serta peta indonesia dengan satelit Palapa yang merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia.

Secara personal saya menilai penerbitan Rp. 75.000 disaat HUT 75 RI sangatlah tepat khususnya menjadi kebanggaan ditengah situasi pandemi seperti ini. 

Selain itu dari sisi penampilan uang tersebut juga memiliki desain menarik dengan didominasi warna merah cerah serta hijau pada tampilan depan serta merah dengan ditambah biru di tampilan belakang.

Adanya sosok tokoh Proklamator seakan berusaha mengingatkan kita tentang peran Ir Soekarno dan Moh Hatta dalam detik-detik persiapan hingga pengumuman kemerdekaan dari Jepang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x