Mohon tunggu...
indira kaffah
indira kaffah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Prof, Dr Hamka

HOBI : Fashion, Traveling, Musik

Selanjutnya

Tutup

Film

Efek Afektif Komunikasi Massa Setelah Menonton Film India Kabhi Khushi Khabhie Gham

14 Januari 2023   01:30 Diperbarui: 16 Januari 2023   23:51 845
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
suryamalang.tribunnews.com

Film adalah suatu media komunikasi massa yang sangat diminati oleh seluruh masyarakat sekarang. Karena selain mendapat hiburan, film juga memberikan pesan-pesan positif seperti edukasi, sosial budaya, yang bisa membantu dan merubah seseorang melalui film tersebut.  Dari film, kita dapat mengetahui berbagai macam ekspresi dan keadaan, seperti kesedihan, kebahagian, kehangatan, dan sebagainya.  Film juga banyak sekali berbagai genre, seperti horor, romance, komedi, drama, thriller, dan masih banyak genre lainnya.

Drama romance adalah menceritakan suatu kejadian yang romantis dan kejadian itu juga dibuat secara dramatis dan menghadirkan konflik drama dari beberapa tokoh yang ada di dalamnya. Kabhi Khushi Kabhie Gham merupakan drama romance yang disutradarai oleh Karan Johar, tayang di bioskop pada tanggal 14 desember 2001 lalu saat ini sudah ditayangkan di berbagai macam platfrom streaming seperti netflix, iqiyi, vidio.com dan youtube.  Film ini menceritakan tentang keluarga kaya raya pembisnis india Yash Raichand (Amitabh Bachchan)  dan Nandini (Dandi Surya Bachchan), karna mereka sudah cukup lama menikah akhirnya mereka mengangkat seorang anak laki-laki yang bernama Rahul Raichand (Shahrukh Khan) yang dibesarkan selayak anak kandung sendiri.  Kemudian mereka dikaruniai anak laki-laki yang bernama Rohan Raichan (Hrithik Roshan) yang nantinya menjadi jembatan penyelesaian masalah antara Rahul dan Ayahnya.

Saat dewasa Rahul mencintai gadis sederhana yang bukan dari kalangan kaya raya yang bernama Anjali (Kajol), namun ayah rahul telah menjodohkan rahul dengan Naina (Rani Mukherjee) yang sama kaya dengan keluarganya.  Ketika rahul mengetahui hal tersebut rahul menolak perjodohan ayahnya dikarenakan rahul sudah mempunyai pilihan yang nantinya akan menjadi istrinya yaitu anjali. Namun, ayah rahul marah dan tidak merestui hubungan mereka, rahul tetap memilih anjali untuk pasangan hidupnya dan mereka menikah tanpa restu ayah rahul. Setelah menikah rahul dan anjali pindah tempat tinggal yang sangat jauh dengan keluarga yaitu london, rahul ditemani dengan bibi mereka dan Pooja adik anjali (Kareena Kapoor).  Mereka berdua dikaruniai anak laki-laki yang bernama Krish Raichand (Jibraan Khan). Adik anjali semakin dewasa dan cantik, begitu juga dengan rohan mejadi dewasa dan tampan. Rohan pun ingin mengetahui keberadaan sang kakak dengan bertanya dengan sepupunya.  Kemudian, rohan pun berangkat ke london sendiri dan bertemu dengan pooja.  Akankah dengan bertemu pooja, rohan dapat menyatukan keluarganya untuk bersatu kembali setelah belasan tahun?

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu efek efektif dalam komunikasi massa, dan bagaimana bagaimana efek afektif yang dirasakan penulis setelah menonton film Kabhi Khushi Kabhie Gham.

suryamalang.tribunnews.comge caption
suryamalang.tribunnews.comge caption

Efek Afektif dalam Komunikasi Massa 

Komunikasi massa adalah suatu proses komunikasi dimana menyebarkan pesan kepada masyarakat banyak.  Komunikasi itu harus menggunakan media massa, media komunikasi yang termasuk media massa adalah televisi, radio, surat kabar, majalah, serta film. komunikasi massa adalah suatu proses dimana komunikatornya menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan-pesan secara luas dan terus-menerus menciptakan makna-makna serta diharapkan dapat mempengaruhi masyarakat. Efek komunikasi massa didefinisikan sebagai perubahan pada individu atau kelompok khalayak setelah konsumsi pesan media massa. Biasanya melibatkan perubahan aspek kognitif, afektif dan behavioral.

Efek afektif melibatkan perasaan, seseorang dapat merasa senang, marah, sedih, atau bahkan tertawa lepas ketika diterpa media massa.  Efek afektif lebih banyak berperan mengubah sikap individu dengan cara mempengaruhi sisi psikologis individu tersebut. Faktor-faktor efek afektif dalam mempengaruhi terjadinya efek afektif dari komunikasi massa : suasana emosional, skema kognitif, situasi terpaan (setting of exposure), faktor predisposisi individual.  Contoh dari efek afektif misalnya, suami diam-diam selingkuh dengan ibu mertuanya, maka dalam diri kita jadi takut dan khawatir.

 

Efek Afektif setelah menonton Film “Kabhi Khushi Kabhie Gham”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun