Mohon tunggu...
Navy Jahbulon Rangkuti
Navy Jahbulon Rangkuti Mohon Tunggu... .... -

About: https://naufalrangkuti.weebly.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Masih Ada Langit di Atas Langit

17 Oktober 2017   03:54 Diperbarui: 17 Oktober 2017   13:07 648
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Jangan sombong, bung!"

Teriak salah seorang senior di sekolah saya, benar benar menggelegar teriakannya itu. Ada seorang anak baru yang masuk ke sekolah saya, tapi gayanya selangit! Hahaha... kali ini saya akan bahas mengenai hal seperti ini. Hal yang sangat sering ditemui di negara berkembang, eh, tidak hanya negara berkembang saja,

namun jika individu nya memang demikian...ya sudah... sebut saja, individu itu adalah individu yang sedang berkembang... HAHAHAHAHA.

Sekitar tahun 2009, sekolah kami kedapatan siswa baru, anak seorang pejabat di salah satu BUMN. Saat itu, saya sedang banyak sekali memperhatikan apa yang sedang menjadi heboh di sekolah. Perasaan... selama saya sekolah disini, saya tidak pernah se sombong itu, hahaha, bercanda, saya memang tidak suka bragging.

Tapi teman teman tahu siapa saya. Cuma tidak perlu dibesar besarkan, beda halnya, saya tidak seperti anak baru ini... hehehe, kita lihat, apa yang si anak baru ini lakukan sehingga senior senior di sekolah saya berteriak seperti di atas itu.

Rengga, ngakunya keturunan orang kaya, ngakunya keturunan raden, ngakunya segala macam hal, padahal ketika ditanya silsilah keradenan nya mana, dia tidak bisa bicara sama sekali.

Sebelum kita berlanjut, saya mau mengingat nasihat mendiang kakek saya... yang sangat sangat penting untuk diingat.

******

"Dalam kehidupan... kita berhadapan dengan yang namanya lingkungan sosial, mbok itu dijaga... yang namanya perilaku. Jangan besar mulut tapi tidak ada tindakan... hiduplah dengan baik... hiduplah yang damai dengan sesama... mbok jangan saling meremehkan...

Dalam kehidupan... kita saling membutuhkan... mbok tolong menolong... jangan saling tercerai berai. Jangan saling menghina sesama... jangan pula senang membohongi sesama... Dalam kehidupan... orang orang melihat, mengetahui, dan memahami keberadaan kita...

Jadi ya menjaga perilaku itu penting... menjaga perilaku itu adalah bagian dari hidup dengan keluarga, hidup dengan tetangga, dan hidup dengan siapapun, dan dimanapun itu berada... Yah, kamu... itu jangan jadi besar kepala... kamu diberi keberuntungan. Kamu diberi kecukupan, kamu diberikan umur...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun