Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tak Perlu Takut Berobat ke Sinshe

17 November 2022   20:27 Diperbarui: 17 November 2022   20:34 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengobatan sinshe dari bahan herbal (Pexels/Yan Krukov)

Kemajuan teknologi pada berbagai bidang tak terkecuali di bidang medis, telah membuat revolusi besar-besaran di bidang pengobatan. Pasien dimudahkan dengan berbagai tindakan medis bahkan untuk penyakit yang berat sekalipun. Operasi misalnya, sekarang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kondisi karena berbagai kemajuan di bidang anestesi dan metode penutupan luka yang lebih baik dari sebelumnya.

Walaupun demikian, pengobatan alternatif tetap dilirik oleh sebagian pasien. Biasanya yang emoh makan obat pabrikan atau mereka yang diharuskan oleh dokter melakukan operasi, namun belum berani. Rasa takut pada tindakan operasi mengalihkan pasien untuk mencoba berbagai pengobatan alternatif sebelum tak ada jalan keluar selain operasi.

Sebagian dokter tidak menyarankan pengobatan alternatif pada penyakit stadium lanjut, adapun jika belum diperlukan tindakan operasi segera, ada sebagian dokter yang menyilakan pasien berobat alternatif selama tabib/pelaku pengobatannya, kredible.

Salah satu pengobatan alternatif berbagai penyakit adalah pengobatan oleh sinshe.

Sinshe adalah tabib/dukun pengobatan China. Metode pengobatannya kompleks, dan tidak sembarang orang bisa jadi sinshe. Ada proses belajar yang harus dilewati hingga punya ijazah layaknya ahli kesehatan lainnya. Sinshe memiliki kemampuan memeriksa dan menentukan resep obat penyakit pada manusia.

Ada beberapa cara seorang sinshe mengobati manusia. Yang pertama dengan memandang. Sinshe mengamati warna kulit pasien dan mendiagnosis penyakit berdasarkan warna kulitnya.

Yang kedua mendengar suara pasien. Suara yang lantang, pelan, atau gemetar, biasanya dipengaruhi penyakit yang ada di dalam tubuh.

Yang ketiga bertanya pada pasien apa saja gejala yang dirasakan. Sinshe juga menerima bukti rontgen dari dokter, atau catatan medis lainnya yang membantunya memastikan penyakit yang diderita pasien.

Keempat atau yang terakhir adalah metode memeriksa denyut nadi untuk memastikan penyakit yang diderita.

Banyak orang memberikan testimoni yang luar biasa mengenai keberhasilan pengobatan sinshe, namun di satu sisi ada juga laporan penyakit yang tidak sembuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun