Dwi Indah Nurmaturrokhmah
Dwi Indah Nurmaturrokhmah Blogger

Love wandering and blogging. Visit and feel free to follow my personal blog at http://www.dindahnurma.com/

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Asli Indonesia, Campina Es Krim Legendaris yang Setia Menjaga Kualitas

7 Agustus 2018   10:42 Diperbarui: 15 Agustus 2018   15:08 536 3 3
Asli Indonesia, Campina Es Krim Legendaris yang Setia Menjaga Kualitas
dok.pribadi

Di antara kebiasaan aneh yang saya miliki, saya rasa yang paling tidak bisa dicerna akal sehat adalah makan es krim di pagi hari. Bukan setiap hari tapi hanya  kadang-kadang tapi selalu di pagi hari. Misalnya setelah lari pagi, sebelum pulang suka iseng masuk mini market dan keluar dengan membawa satu stick es krim. 

Percuma dong larinya? Ehehe entahlah. Atau dengan sengaja pergi jalan kaki untuk beli es krim pagi-pagi. Rasanya bahagia menikmati es krim saat anak-anak sekolah sedang sibuk berangkat sekolah. Mungkin seperti menaikkan mood di pagi hari.

Tapi tidak semua jenis atau rasa es krim saya suka karena cukup rewel soal urusan rasa, ditambah lagi cukup sensitif terhadap dingin. Saya jeli terhadap kualitas rasa dan saya juga biasanya hidung saya langsung mampet kalau makan sesuatu yang dingin.  

Biasanya rasa es krim yang kurang pas di lidah saya juga mempunyai tingkat dingin yang kurang bisa ditolerir juga buat saya. Pernah kan merasakan makan es krim yang di lidah dominan dingin sehingga sulit untuk mengenali rasa asli es krim itu sendiri? Nah, saya juga sampai picky seperti itu terhadap es krim. Sampai saat ini salah satu es krim yang setia saya konsumsi dan memenuhi keinginan saya adalah Campina.

Ternyata bukan hanya saya yang suka setia terhadap jenis makanan yang saya konsumsi tapi Campina juga setia dan punya komitmen. Es krim Campina ini ternyata memang tidak begitu saja lolos menjadi es krim yang memenuhi harapan-harapan saya selama bertahun-tahun. 

Dari perjalanan Factory Tour ke PT. Campina Ice Cream Industry Tbk bersama Kompasiana Onloc kemarin (31/7) saya jadi paham bagaimana Campina setia menjaga kualitasnya. Berarti saya tidak salah setia juga pada Campina.  

Dari Garasi Rumah Hingga Punya Nama

Alat produksi dan pemasaran es krim Campina zaman dulu
Alat produksi dan pemasaran es krim Campina zaman dulu
Sebelum menjadi PT. Campina Ice Cream Industry Tbk yang megah di kawasan Rungkut Industri seperti sekarang, es krim Campina mulanya hanya produk rumahan yang dikerjakan di garasi. 

Pada 22 Juli 1972, Bapak Darmo Hadipranoto dan istrinya membuat es krim Campina di garasi rumahnya yang terletak di Jalan Gembong Sawah, Surabaya.

Hanya berselang satu tahun sejak memulai produksi es krim, usaha bapak Pranoto sudah berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1973 es krim Campina mendapat kunjungan dari Gubernur Jawa Timur saat itu, yaitu H.M. Noer. Penjualannya pun mulai berkembang tidak hanya dari garasi rumah, namun mulai dijajakan menggunakan sepeda, freezer hingga van.

Usaha yang berawal dari garasi terus berkembang hingga akhirnya memindahkan lokasi produksi ke kawasan SIER pada tahun 1985. Tidak berhenti di situ, tahun 1994 PT. Ultrajaya Milk Industry juga turut memperkuat daya saing es krim Campina. Hingga seperti yang terlihat sekarang, distribusi produk Campina telah menyebar hingga ke seluruh wilayah di Indonesia.

Tentunya untuk bisa berkembang dengan sangat baik seperti saat ini, PT. Campina Ice Cream Industry Tbk sudah melakukan banyak hal. Tidak mudah untuk merintis usaha dari nol hingga menjadi produk yang dikenal di seluruh penjuru negeri. Campina benar-benar setia menjaga komitmennya hingga memiliki nama besar seperti sekarang.

Komitmen Disiplin Dan Menjaga Kebersihan

Mencuci tangan sebelum memasuki area pabrik
Mencuci tangan sebelum memasuki area pabrik
Dari sebelum memasuki pintu PT. Campina Ice Cream Industry Tbk, sudah terasa aura disiplin dan menjunjung tinggi kebersihan. Jalur pejalan kaki dan mobil masing-masing terpisah dan semua harus dilakukan dengan sesuai pada tempatnya. 

Pejalan kaki tidak boleh berjalan di luar garis kuning dan jika menyebrang area luar pabrik juga harus mengikuti zebra cross yang sudah tersedia. Tujuannya tidak lain untuk menjaga keselamatan masing-masing.

Sebelum pintu masuk area dalam pabrik, kita diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Hal ini wajib dilakukan oleh semua orang yang akan memasuki area pabrik, tak terkecuali para pengunjung sekalipun. Tujuannya adalah agar kebersihan area pabrik tetap terjaga, karena ini adalah industri makanan.

Tidak berhenti sampai di situ, saat memasuki toilet juga wajib melepas sepatu lalu berganti menggunakan kaus kaki dan slipper yang telah disediakan di dalam toilet. 

Saya rasa hal ini dilakukan agar kuman-kuman yang ada di sepatu maupun di dalam toilet tidak saling berpindah melalui sepatu yang kita gunakan untuk keliling pabrik. 

Demikian juga saat memasuki ruangan-ruangan tertentu, kita diwajibkan untuk melepas sepatu. Sebelum keluar dari toilet kita diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan mengeringkannya. Untuk menjaga kedisiplinan ini dipasang kamera pengawas.

Komitmen Menjaga Kualitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3