Mohon tunggu...
Indah Permata Sari
Indah Permata Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Farmasi, FMIPA, Universitas Sriwijaya

find me on my blog : https://www.indahladya.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Manfaatkan Produk Keuangan untuk Stabilitas Sistem Keuangan Negara

30 Agustus 2020   15:04 Diperbarui: 30 Agustus 2020   14:51 298 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan Produk Keuangan untuk Stabilitas Sistem Keuangan Negara
Manfaatkan Produk Keuangan (sumber gambar: @indahladya)

Sebagai generasi milenial, tentunya kita kerap kali berinteraksi dengan produk keuangan. Hanya saja sebagian dari kita tidak menyadari bahwa hal-hal tersebut termasuk produk keuangan. Seperti menabung di bank, melakukan investasi, dan menggunakan kartu kredit. Saya rasa ketiga kegiatan ini sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Produk Keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan

Pengertian Stabilitas Sistem Keuangan (illustrated by: @indahladya)
Pengertian Stabilitas Sistem Keuangan (illustrated by: @indahladya)

Stabilitas sistem keuangan adalah suatu kondisi dimana mekanisme ekonomi dalam penetapan harga, alokasi dana dan pengelolaan risiko berfungsi secara baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi (ojk.go.id).

Untuk menjaga stabilitas sistem keuangan negara, tentunya dibutuhkan fungsi dan peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang bertanggung jawab terhadap kestabilan nilai Rupiah. Namun, tidak hanya Bank Indonesia, peran masyarakat pun dibutuhkan dalam hal ini. Sebagaimana masyarakat yang telah dekat dengan produk keuangan, maka kita bisa ikut menjaga stabilitas sistem keuangan dengan memanfaatkan produk keuangan dengan bijak.

Berikut ini beberapa produk keuangan yang dapat kamu manfaatkan untuk berkontribusi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan negara :

  • Menabung di Bank

Menabung di Bank (sumber gambar: @indahladya)
Menabung di Bank (sumber gambar: @indahladya)

Kegiatan menabung di bank ternyata tidak hanya menguntungkan kita sebagai nasabah yang tentunya dapat melakukan penyimpanan uang untuk dapat kita gunakan di saat-saat tertentu.

Ternyata, kegiatan menabung di bank ini turut mendukung upaya menjaga stabilitas sistem keuangan negara. Dana nasabah yang tersimpan di bank akan berputar untuk mewujudkan ekonomi berkelanjutan.

Oleh karena itu, dengan cara membiasakan diri untuk menabung di bank dan tidak mengambil uang simpanan dari bank secara besar-besaran (boros), maka kita sudah menjadi warga negara yang berkontribusi dalam membantu perekonomian secara makro untuk mewujudkan makroprudensial aman terjaga.

  • Menggunakan Kartu Kredit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN