Mohon tunggu...
Indah Permata Sari
Indah Permata Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa Farmasi, FMIPA, Universitas Sriwijaya

find me on my blog : https://www.indahladya.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tetap Produktif dengan Internet Tanpa Batas

15 Juli 2020   23:59 Diperbarui: 16 Juli 2020   00:05 58 2 0 Mohon Tunggu...

Di tengah pandemi COVID-19 yang kini melanda Indonesia, tentunya komunikasi menjadi hal terpenting yang dapat menunjang berbagai kegiatan sehari-hari kita. Mulai dari sekolah, via apa? Online. Terus buat yang mahasiswa nih, bimbingan, via apa? Online juga. Buat yang kerja, via apa? Ya mostly online semua ya.

Jadi gak bisa dipungkiri kalau komunikasi via online kali ini sudah menyatu erat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Pandemi ini gak boleh jadi alasan kita untuk gak bisa produktif ya! Karena ada banyak banget kesempatan yang bisa kamu ambil di masa pandemi kali ini. Contohnya, ikut kelas TOEFL online, ikut workshop sesuai bidang kamu, atau kamu bisa streaming di youtube untuk menambah pengetahuan kamu karena sekarang konten-konten yang bermanfaat udah banyak banget loh!

Untuk kamu yang tertarik di bidang bisnis, wah bisa banget. Terbatasnya aktivitas di luar rumah bisa menaikkan minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online. Jual-beli online ini tentunya udah populer banget kan ya di masa pandemi ini? Nah, kesempatan besar buat kamu yang pengen banget mencoba buat menggeluti bisnis secara online. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu pakai ketika kamu tertarik di bidang ini loh!

  • Mengenal Marketplace

dokpri
dokpri
Menurut Opiida (2014), marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh harga pasar. Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk/jasa mereka.

Udah banyak banget tersedia berbagai pilihan marketplace yang bisa kamu pilih sebagai media kamu dalam berbinis secara online. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari marketplace ini pun udah banyak banget loh! D

ari segi biaya, pastinya dengan kamu membangun toko di marketplace akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan harus membangun toko offline. Menurutku, marketplace ini cocok banget untuk digunakan sebagai tempat berjualan bagi pebisnis bermodal kecil. Untuk yang masih pemula, bisa dicobain nih!

  • Mengenal Pasar

dokpri
dokpri
Selain menyiapkan untuk membangun toko di marketplace, kamu juga harus tahu pasar kamu. Pilih produk yang saat ini dibutuhkan oleh banyak orang. Kalau di masa pandemi, kamu bisa memilih untuk menjual alat-alat pelindung diri seperti masker kain. Dengan menjual produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini, tentunya kesempatan kamu untuk menaikkan jumlah pelanggan akan jauh lebih besar.
  • Memulai

dokpri
dokpri
Setelah kamu tahu jenis produk apa yang akan kamu jual, kamu bisa memulai untuk membangun bisnis kamu. Untuk di tahap ini, kamu sudah bisa mulai memikirkan cara mengelola bisnis kamu sendiri ya, mulai dari tempat produksi, modal, keuntungan, dan lain-lain. Inget ya, gak boleh takut gagal.
  • Banyak belajar

dokpri
dokpri
Udah mulai? Nah, tahap selanjutnya harus banyak belajar ya temen-temen. Kamu bisa browsing beberapa tips and trick berbinis online dari berbagai artikel yang sudah dimuat oleh lebih banyak pebisnis yang berpengalaman. Kamu juga bisa streaming video di platform youtube yang tentunya menyajikan banyak banget info-info terkini mengenai online shop. Atau kamu juga bisa ikut seminar dan workshop yang membahas bisnis-bisnis online yang akan membuat kamu mengasah kemampuan dalam berbinis. Jangan mudah menyerah ya!

Tips khusus dari aku, untuk streaming tanpa buffering kamu bisa menggunakan produk AlwaysOn dari Jaringan 3 Indonesia. Pas banget nih, jadi kini Tri Indonesia menghadirkan produk AlwaysOn yang pastinya sebagian besar dari kalian udah pada tahu nih. Jaringan 3 Indonesia hadir buat kamu untuk #KalahkanJarak demi tetap produktif di tengah pandemi kali ini. Info lebih lanjut bisa kepoin kesini ya : https://bit.ly/2XqKZMI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x