Mohon tunggu...
Indah Kusumawati
Indah Kusumawati Mohon Tunggu... Relawan - Pembelajaran

Selalu Berusaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampingi Siswa untuk Belajar di Rumah dengan Media Pembelajaran Sederhana

31 Desember 2020   20:29 Diperbarui: 31 Desember 2020   20:32 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Indah Kusumawati (192180052)

COVID-19 tidak hanya berdampak pada bidang perekonomian saja, namun juga berdampak pada dunia Pendidikan. Dalam masa pandemi Covid-19 permasalahan yang muncul dalam dunia Pendidikan yaitu Siswa harus belajar secara daring atau jarak jauh yang bertujuan utuk memutus tali rangkai covid-19. Dengan pembelajaran secara daring kita harus mendampingi siswa untuk belajar di rumah.

Namun orang tua cenderung kurang memperhatikan dan mendampingi siswa saat belajar dirumah karena sibuk dengan urusan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini berdampak pada kurang maksimalnya siswa dalam memahami materi pembelajaran dan tingkat pemahaman siswa menjadi rendah.

Dari semua permasalahan tersebut perlu adanya solusi untuk menanganinya. Mahasiswa PGSD UM Purworejo sebagai masa depan bangsa, ikut terpanggil untuk turut berkontribusi dalam menghadapi pembelajaran di era pandemic yaitu dengan memberikan dampingan kepada siswa untuk belajar di rumah dengan menggunakan media pembelajaran yang sederhana.

Mahaiswa PGSD UM Purworejo mendampingi siswa dalam belajar yang bertujuan untuk kebermanfaatan ilmu serta rasa peduli dalam dunia Pendidikan melalui pembelajaran menggunakan media  pembelajaran sederhana di rumah.

Media Pembelajaran sederhana yang di gunakan seperti contoh mempraktekkan listrik statis dan dinamis, menempel hewan-hewan yang hidup si darat dan air, menjelaskan mengenai rasa-rasa pada lidah dengan menyicipkan rasa-rasa ke lidah siswa, pertanyaan-pertanyaan melalui permainan ular tangga.

Dengan materi tersebut siswa apabila nanti mempraktekan contoh dari listrik statis dan dinamis maka siswa telah ada bayangan dan mampu untuk mempraktekan. Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian lidah dari pengecap rasa manis asam pahit dan kecut dengan benar. Dan siswa lebih mendalami materi pembelajaran ipa dengan menyebutkan jawaban dari soal-soal yang telah di berikan melalui permainan ular tangga.

Dari kegiatan ini bertujuan untuk mengefektifkan pembelajaran siswa dengan menggunakan media pembelajaran  sederhana bermanfaat : dapat menarik perhatian siswa dan membangkitakan minat belajar, pembelajaran menjadi lebih efektif dan lebih interaktif .

Walau hanya menggunakan medi pembelajaran yang sederhana, namun kegiatan pembelajaran ini dapat tersampakan materi oleh siswa dengan mudah.

Melalui kegiatan pendampingan belajar pada siswa Sekolah Dasar di harapkan agar dapat membantu permasalahan yang terjadi dalam hal Pendidikan seperti saat ini harus belajar dengan jarak jauh di era pandemic covid 19 ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun