Mohon tunggu...
Indah Sari
Indah Sari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 3 Tahun 2018

6 Juli 2018   10:36 Diperbarui: 6 Juli 2018   10:56 562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Mengawali hari baru dengan menulis merupakan hal yang sangat jarang saya lakukan. Namun kali ini saya akan mencoba itu. Sebelumnya saya akan mengenalkan diri secara singkat, karena ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka Tak Sayang".

Saya bekerja sebagai guru matematika di SMK Pelayaran Sinar Bahari. Selama lebih dari 10 tahun mengajar, tentu ada banyak pengalaman yang telah saya dapatkan. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, masih banyak yang perlu saya pelajari agar bisa memberikan pembelajaran yang bermakna.

Pemahaman akan teknologi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru karena kebanyakan siswa menghabiskan waktunya untuk teknologi. Mengingat ketertarikan siswa yang besar terhadap teknologi bukankah kita sebagai guru juga harus memanfaatkannya dalam pembelajaran? Ada banyak cara untuk memanfaatkan teknologi tersebut dalam pembelajaran salah satunya melalui aplikasi-aplikasi menarik yang dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar.

Ada banyak Diklat atau Training mengenai IT namun untuk diklat secara langsung terkadang jadwalnya bersamaan dengan pekerjaan saya. Jadi saya lebih memilih untuk mencari diklat online yang waktunya fleksibel dan bisa di atur sendiri. Salah satu diklat online yang sejak dulu ingin saya ikuti adalah E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) tapi karena keterbatasan waktu jadi saya belum bisa mengikuti Diklat tersebut.

Alhamdulillah, liburan tahun ini bisa saya manfaatkan untuk mengikuti E-Training ini. Di tambah lagi materi yang di ajarkan sesuai dengan kebutuhan saya yaitu membuat tes online/offline, membuat bahan ajar dengan prezi dan membuat buku digital.

Pembuatan bahan ajar yang menarik diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam belajar dan dengan adanya buku digital maka siswa tidak perlu membawa buku--buku tebal saat sekolah. Selain itu buku ini dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Oleh karena itu saya tertarik untuk membuat bahan ajar yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sekarang Ujian nasional berbasis komputer terutama SMK. Hal ini memicu saya untuk membuat soal/ tes yang berbentuk online. Selain itu tes online dapat meningkatkan kejujuran siswa dalam ujian.

Ini pengalaman pertama saya dalam mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT). Selama dua hari, saya merasa training ini sangat membantu saya. Selain banyak ilmu yang didapat, training ini juga mempertemukan kita dengan guru-guru dari berbagai daerah. Guru-guru hebat yang selalu mau menambah ilmu dan berbagi ilmu dengan yang lain. Semangat Bapak/Ibu yang mengikuti DOGMIT, semoga ilmu yang kita dapat barokah. Amin.... 

Kita BISA,,, Figthing...!!!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun