Mohon tunggu...
Amelia AndiniPutri
Amelia AndiniPutri Mohon Tunggu... Atlet - Jangan lupa bersyukur

hidup seperti air

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penanggulanga Dampak Covid 19 Melalui Strategi dan Motivasi Belajar Siswa

25 Juli 2021   13:30 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:46 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penanggulanga Dampak Covid 19 Melalui Strategi dan Motivasi Belajar Siswa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan KKN Tematik 2021. Kuliah kerja Nyata yang biasanya dilaksanakan pada desa-desa kecil yang ada di jawa barat atau pun luar jawa barat, saat ini Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan domisili tempat tinggal masing-masing Mahasiswa. 

Tema dari KKN ini yaitu "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19". Kegiatan KKN kali ini berlangsung dari tanggal 1 Juli 2021 sampai 30 Juli 2021 dan dilaksanakan di sekolah sesuai dengan domisili Mahasiswa.

Melihat situasi dan kondisi pendidikan dan Perekonomian saat ini pihak LPPM UPI mengadakan Kuliah Kerja Nyata dengan sasaran utamanya kedua bidang tersebut khususnya dalam bidang pendidikan. 

Hal ini menimbulkan semangat Mahasiswa untuk menumbuhkan kembali semangat siswa,guru dan orang tua di seluruh Indonesia. SMA PGRI 1 Bandung melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara online dan menyisipkan materi tentang Strategi dan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 .

Pemateri dalam materi tersebut yaitu Ibu Evi Apriliani, S.Pd, selaku Guru BK (Bimbingan Konseling) di SMA PGRI 1 Bandung. Beliau menjelaskan bahwa motivasi belajar berupa kebutuhan dan memerlukan dorongan kekuatan mental, dan dorongan merupakan inti dari motivasi. Selain itu beliau menjelaskan Unsur yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu : cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran kemudian upaya guru dalam pembelajaran siswa. Adapun strategi belajar siswa dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu Mindset, Waktu Belajar, Tempat Belajar, Gaya Belajar, dan Lingkungan.

Dalam hal tersebut mahasiswa mewawancarai beberapa siswa dan beberapa orang tua melalui via Whatsapp dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung, Menurut ibu Poppy sebagai orang tua siswa juga mengatakan bahwa, "Anak saya kurang memahami materi yang diberikan guru, sehingga anak kehilangan semangat belajarnya". 

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa suksesnya pendidikan di sekolah tergantung pada kualitas guru yang memberikan materi, dan terkadang para siswa sampai menumpukkan tugas yang diberikan guru karena siswa tersebut tidak semangat bersekolah secara daring

Dan salah satu seorang siswa di SMA PGRI 1 Bandung mengakatan bahwa "Pembelajaran melalui daring membuat saya harus memahami materi nya sendiri, apalagi untuk pelajaran-pelajaran yang jika belajar secara langsung kurang saya pahami apalagi ini secara daring, saya tidak dapat mengerti apa-apa. Dan dari pernyataan siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus dilakukan sekolah untuk pembelajaran daring itu sangat penting.
 
PROGRAM KKN TEMATIK UPI 2021

Kegiatan KKN Tematik di Universitas Pendidikan Indonesia dalam bidang pendidikan memiliki beberapa program yang harus dilaksanakan dan sasarannya yakni siswa, guru dan orang tua. Program yang paling unggul yakni pendampingan pada orang tua dan membantu guru dalam membuat perangkat pembelajaran (media). Guru dan orang tua dibantu oleh mahasiswa menggunakan teknologi digital yang berkitan dengan kegiatan sekolah ataupun kegiatan belajar siswa.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu pendampingan siswa,guru dan orang tua dilaksanakan melalui chat Whatsapp, Youtube bahkan google meet jika diperukan. Sejauh ini sekola SMA masih libur dan mahasiwa membantu proses penerimaan siswa baru sampai membantu administrasi dan MPLS sekolah secara daring.

Tak hanya itu, mahaiswa juga mendampingi orang tua dan siswa dengan menyebarkan video edukasi dan google formulir untuk mendapatkan pengetahuan dan data saat pandemic covid-19. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN