Mohon tunggu...
Iman Agung Silalahi
Iman Agung Silalahi Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar hidup sehat holistik

Selalu merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri saat mitra kerja atau sahabat berhasil menemukan inspirasi dan keyakinan diri untuk mencapai apa yang diimpikannya. Tertarik menjadi pembelajar hidup sehat holistik sejak Februari 2021 setelah resmi menyandang status penderita diabetes tipe 2.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Manfaat Hiking bagi Penderita Diabetes

26 Juni 2022   08:47 Diperbarui: 28 Juni 2022   18:11 1078 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lembah Lengkehan, Gunung Arjuno-Welirang (Foto pribadi)

Halo semua sahabat dan kerabat, khususnya sesama diabetesi yang bersemangat! Salam hebat dan juga salam sehat!

Hiking atau berjalan kaki di alam terbuka adalah salah satu kegiatan yang cukup banyak peminatnya. Setiap akhir pekan, terutama setelah musim hujan berlalu, ada banyak orang yang melakukan kegiatan hiking. Sepatu gunung dan tas ransel di punggung menjadi ciri khas mereka. Keren...!

Kalau kamu masih berusia muda serta memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima, maka serunya hiking bisa kamu nikmati dengan sangat puasnya. Pada awalnya kamu mungkin tidak begitu menyukainya, tapi dengan berjalannya waktu, kamu bisa jatuh cinta padanya. Hmmm….

Penderita diabetes mungkin enggan untuk hiking. Masih lebih enak berleha-leha di dalam rumah petak daripada bersusah-payah di jalan setapak. Mungkin begitu dia berpikir. Padahal, kalau saja dia tahu dan bisa rasakan manfaat dan nikmatnya hiking, mungkin dia akan melakukan hiking setiap kali ada kesempatan. Masa sih?

Kalau kamu mau tahu bagaimana hiking dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes, yuk baca terus tulisan saya ini sampai tuntas.

Kangen hiking ke puncak gunung

Pada tanggal 15-17 Juni 2022 yang lalu, saya mengikuti perayaan ulang tahun yang ke-100 dari sebuah klub kepanduan yang bernama Master Guide.

Salah satu kegiatan perayaan yang dilakukan oleh klub, yang mempunyai program pelatihan kepemimpinan bagi anak-anak, para remaja dan orang-orang muda itu, adalah dengan mengadakan kegiatan hiking ke Gunung Arjuno-Welirang yang terletak di provinsi Jawa Timur. 

Mereka ingin menjejakkan kaki mereka di puncak Gunung Arjuno (3.339 mdpl), puncak Gunung Kembar 1 (3.058 mdpl), dan puncak Gunung Welirang (3.156 mdpl). Jalur pendakian yang diambil adalah via Pos Sumber Brantas, Cangar, Batu.

Sebenarnya ada sedikit rasa khawatir di dalam hati saya. Apakah saya masih mampu mendaki sampai ke puncak gunung?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan