Mohon tunggu...
Iman Agung Silalahi
Iman Agung Silalahi Mohon Tunggu... Pembelajar hidup sehat holistik

Selalu merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri saat mitra kerja atau sahabat berhasil menemukan inspirasi dan keyakinan diri untuk mencapai apa yang diimpikannya. Tertarik menjadi pembelajar hidup sehat holistik sejak Februari 2021 setelah resmi menyandang status penderita diabetes tipe 2.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Setetes Darah Anda, Nyawa bagi Sesama, Yuk Kita Donor Darah!

27 Mei 2021   10:43 Diperbarui: 27 Mei 2021   10:47 98 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setetes Darah Anda, Nyawa bagi Sesama, Yuk Kita Donor Darah!
Di depan gedung PMI, Jl. Kramat Raya, Jakarta-dokpri

Halo teman semua dan sesama diabetesi. Salam hidup sehat dan tetap semangat!

Kemarin saya pergi ke Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. Dari jendela mobil saya melihat ratusan orang berkumpul di halaman gedung PMI. Tapi walaupun halaman gedung PMI dipenuhi banyak orang, tapi semua orang yang ada di situ mengenakan masker dan menjaga jarak, baik saat berdiri ataupun saat sedang duduk.

Memang yang datang untuk mendonorkan darahnya ke PMI Jakarta bukan hanya orang yang ber-KTP Jakarta. Orang dari luar kota Jakarta pun, termasuk saya, datang untuk mendonorkan darah ke PMI Jakarta. Kepungan virus Corona-19 ternyata  tidak membuat masyarakat kehilangan semangat untuk mendonorkan darah mereka. Mereka datang dengan senyum yang menghiasi wajah mereka. Mereka datang dengan sukarela. Luar biasa!

"Gak biasanya ini," kata saya dalam hati sok tahu. Tapi sebenarnya yang gak biasanya itu adalah kedatangan saya ke PMI pada siang hari. Biasanya saya datang pada pagi hari, baik pada hari kerja atau pun pada hari libur.

"Banyak banget, Pak. Biasalah begini kalau hari libur." kata tukang parkir, "Nanti malam aja, Pak. Setelah jam 9 malam lebih enak."

Saya tersenyum mendengar saran tukang parkir tersebut. "Nenek-nenek juga tahu kalau setelah jam 9 malam akan lebih enak karena sudah sepi," kata saya dalam hati.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk mendonorkan darah saya. Tepat jam 13.30 saya sudah berdiri di antrian panjang untuk mengambil formulir pendaftaran. Sudah tanggung sampai di PMI, pikir saya dalam hati.

Tapi kenapa saya harus mendonorkan darah saya? Apa manfaatnya buat saya dengan menjadi pendonor darah?

Ada banyak manfaat yang akan dinikmati seorang pendonor darah. Dilansir dari halodoc.com, beberapa manfaat donor darah di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Aliran darah menjadi lebih lancar. Menurut Phillip DeChristopher, M.D., PhD., direktur bank darah Loyola University Health System, jika darah mengalami hambatan untuk mengalir, maka dengan donor darah dapat membantu aliran darah menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah. Sel darah merah memang berkurang ketika seseorang melakukan donor darah. Namun sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan yang hilang. Tubuh akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x