Mohon tunggu...
Imam Kurniawan
Imam Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pecandu Aksara

Penulis amatir yang berusaha profesional.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Di Ambang Kehancuran: Kisah Perfeksionis yang Menyiksa Diri Sendiri

18 September 2023   23:50 Diperbarui: 18 September 2023   23:56 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://gajigesa.com/

Hidup sebagai seorang perfeksionis adalah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan konflik internal. Tuntutan untuk mencapai tingkat kesempurnaan yang seringkali tidak realistis dapat menjadi beban yang sangat berat, menyiksa diri sendiri dalam upaya yang tidak pernah berakhir untuk menjadi yang terbaik. Hari demi hari, saat membiarkan diri menjadi narapidana dari harapan yang terlalu tinggi, saya merasa semakin terjebak dalam jerat perfeksionisme yang menyiksa diri.

Saya selalu percaya bahwa memiliki standar tinggi adalah kunci menuju sukses dan prestasi. Saya terdorong untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan, baik itu dalam pekerjaan, hubungan, atau pencapaian pribadi. Pada awalnya, dorongan ini memberikan motivasi dan kebanggaan tersendiri. Saya sering mendapat pujian atas kerja keras saya dan hasil yang saya capai.

Namun, seiring berjalannya waktu, harapan dan tuntutan yang saya berikan kepada diri sendiri menjadi semakin tidak terkendali. Saya mulai merasa bahwa tidak ada hasil yang pernah cukup baik. Meskipun berhasil mencapai suatu prestasi, saya selalu menemukan cacat atau hal yang bisa ditingkatkan. Saya tidak pernah merasa puas.

Perasaan tidak puas ini berkembang menjadi perasaan kecemasan yang konstan. Saya khawatir akan melakukan kesalahan atau tidak mencapai standar yang telah saya tetapkan. Kecemasan ini menjadi teman setia saya, selalu mengintai di sudut pikiran saya, bahkan ketika saya sedang istirahat.

Jerat perfeksionisme ini juga memengaruhi keseimbangan hidup saya. Saya tidak pernah merasa memiliki cukup waktu untuk istirahat atau bersenang-senang. Rutinitas harian saya diisi dengan daftar tugas dan tanggung jawab yang tampaknya tidak pernah berakhir. Saya terlalu takut untuk melepaskan kendali, berpikir bahwa hanya dengan bekerja keras dan mengawasi segalanya dengan ketat, saya dapat menghindari kegagalan.

Perlahan tapi pasti, hubungan sosial saya mulai terkikis. Saya merasa sulit untuk bersantai atau menikmati momen bersama teman dan keluarga karena pikiran saya selalu terpaku pada pekerjaan dan pencapaian. Orang-orang di sekitar saya mulai merasa bahwa saya terlalu keras pada diri sendiri dan tidak bisa santai.

Saya menyadari bahwa perfeksionisme yang menyiksa diri sendiri telah mengambil tol pada kesejahteraan fisik dan mental saya. Saya sering merasa lelah, terbakar, dan merasa stres yang tak tertahankan. Saya menyadari bahwa saya perlu melakukan perubahan dalam hidup saya.

Melangkah untuk mengatasi perfeksionisme bukanlah hal yang mudah. Ini adalah perjalanan yang memerlukan waktu, kesadaran, dan upaya yang sungguh-sungguh. Saya belajar untuk mengenali pola pikir dan perilaku perfeksionis yang merugikan dan menggantinya dengan cara yang lebih sehat.

Saya belajar untuk mengakui bahwa tidak ada yang sempurna, termasuk diri saya sendiri. Saya mulai menerima ketidaksempurnaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman manusia. Saya juga belajar untuk merayakan pencapaian saya tanpa terlalu keras pada diri sendiri.

Mengatasi perfeksionisme yang menyiksa diri sendiri adalah proses yang masih berlangsung dalam hidup saya. Saya terus berjuang dengan kecenderungan untuk memperbaiki diri dan selalu mencapai hasil yang lebih baik. Namun, saya juga belajar untuk memberi diri izin untuk beristirahat dan merayakan pencapaian saya.

Pesan yang ingin saya bagikan melalui cerita ini adalah bahwa perfeksionisme yang menyiksa diri sendiri tidaklah berharga. Ini adalah siksaan emosional dan fisik yang dapat menghancurkan kesejahteraan kita. Penting untuk mengenali tanda-tandanya, mencari dukungan jika diperlukan, dan belajar untuk menerima diri kita dengan semua kelebihan dan kekurangan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun