Mohon tunggu...
Imam Mahmudi
Imam Mahmudi Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Thinker

Traveler, lifelong learner, pengamat lini masa dan seorang bapak muda 😁 Yuk saling follow!

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Blogging: Hobi Lama di Bulan Puasa ini Kembali Menggema

13 April 2023   22:40 Diperbarui: 13 April 2023   22:46 618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Kompasiana/Dokpri

Saya senang sekali bisa menulis tentang salah satu kegiatan yang saya sukai, yaitu ngeblog. Terutama saat bulan Ramadan seperti sekarang ini, ngeblog menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan.

Ngeblog juga bisa menjadi sarana untuk mengasah kemampuan menulis dan berbicara. Seiring waktu, kita bisa belajar untuk menulis dengan lebih baik dan memikirkan konten yang lebih kreatif dan bermanfaat.

Apa yang saya tulis dalam blog saat Ramadan? Nah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dibahas saat Ramadan, mulai dari kegiatan beribadah, resep masakan khas Ramadan, tips berpuasa, hingga pengalaman pribadi selama menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini.

Yang paling saya sukai dari ngeblog adalah bisa menyalurkan kreativitas dan berbagi informasi dengan orang lain. Terlebih lagi, di era digital seperti sekarang, ngeblog menjadi salah satu cara untuk berinteraksi dan terhubung dengan banyak orang dari berbagai lokasi.

Dalam menulis blog, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah konten yang akan ditulis. Konten yang baik adalah konten yang bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pembaca. Misalnya, saya pernah menulis di blog pribadi saya tentang Jadwal Bus Damri dari Stasiun Gambir ke Bandara Soetta. Tulisan ini mendapat respon yang sangat baik dari pembaca, terutama bagi mereka yang cari informasi tersebut.

Saat Ramadan, tentunya kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah beribadah. Oleh karena itu, saya juga sering menulis tentang pengalaman beribadah di bulan Ramadan. Misalnya, saya menuliskan pengalaman berbuka puasa dengan menu yang sehat dan praktis, suasana yang terasa berbeda, dan bisa juga pengalaman iktikaf di masjid-masjid dan banyak lagi.

Selain itu, saya juga menuliskan tips dan trik untuk menjalankan ibadah dengan lebih baik. Seperti, bagaimana cara mengatur waktu agar bisa memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan, cara menjaga konsistensi dalam menjalankan ibadah, dan banyak lagi. Tujuannya, agar tulisan saya bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk menjalankan ibadah dengan lebih baik.

Tentu saja, menulis blog juga membutuhkan waktu dan energi. Namun, bagi saya pribadi, ngeblog saat Ramadan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain bisa menyalurkan kreativitas, saya juga bisa berinteraksi dengan pembaca dan saling bertukar informasi.

Tips agar tulisan blog bisa lebih bermanfaat saat Ramadan. Pertama, tentukan tema yang relevan dengan Ramadan dan bisa bermanfaat bagi pembaca. Kedua, tulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu berat. Ketiga, jangan lupa cantumkan sumber jika mengambil informasi dari sumber lain.

Di era digital seperti sekarang ini, ngeblog juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencari penghasilan tambahan. Dengan menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat, kita bisa menarik perhatian pengunjung dan menjadikan blog kita sebagai sumber informasi yang populer. Kemudian, kita bisa memonetisasi blog kita dengan cara menampilkan iklan, menjual produk digital, atau menjadi affiliate marketer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun