Mohon tunggu...
ilnadya alvira
ilnadya alvira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya Raina Saya suka ilmu penyelaman dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan Prospek Kerja dalam Dunia Penyelaman

10 Agustus 2022   13:09 Diperbarui: 10 Agustus 2022   13:29 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bandarharjo, Semarang Utara (31/7/2022)---Penyelaman merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dibawah air guna mencapai suatu tujuan. 

Menyelam, sebagai suatu profesi, sudah dikenal lebih dari 5000 tahun lalu. Penyelam zaman dulu mungkin tidak bisa mencapai kedalaman lebih dari 30 meter. Biasanya kegiatan ini dilakukan untuk mengambil kerang dan mutiara.

Pada zaman dahulu belum dapat membantu banyak dalam profesi penyelaman, namun dunia saat ini sudah lebih maju dan memiliki alat serta teknologi yang sangat membantu dalam profesi penyelaman. 

Self Contained Underwater Breathing Apparatus (SCUBA) merupakan teknik yang paling modern dan digunakan hingga sekarang, dengan mekanisme penggunaan udara dalam tekanan tinggi sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Dokpri
Dokpri

Penyelaman merupakan prospek kerja yang kurang dipahami oleh masyarakat, berdasarkan hal ini Ilnadya Raina Alvira seorang Mahasiswa KKN UNDIP Tim II melakukan pembelajaran dan pengenalan tentang penyelaman kepada remaja Karang Taruna Desa Bandarharjo RT 06/ RW 05 baik dari segi peralatan yang digunakan hingga prospek kerja yang ada di dunia penyelaman.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2022 pukul 19.30-21.30 WIB. Kegiatan ini diadakan di Rumah Bapak RT 06/RW 05, Desa Bandarharjo, dihadiri oleh beberapa Remaja Karang Taruna. 

Kegiatan tersebut juga menjelaskan tingkatan bahaya yang dapat terjadi dari pekerjaan penyelaman yang ada. 

Pekerjaan-pekerjaan ini terdapat di area turisme, atlit, penelitian, SAR, pekerjaan lepas pantai, serta militer dengan tingkatan sertifikasi yang berbeda-beda. Kegiatan tersebut diharapkan edukasi tersebut dapat menjadi acuan mereka untuk tertarik pada profesi di dunia penyelaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan