Mohon tunggu...
Muhamad ilma nnafia
Muhamad ilma nnafia Mohon Tunggu... scabioza

Scabioza

Selanjutnya

Tutup

Travel

Embung Tambakboyo

10 November 2019   18:51 Diperbarui: 10 November 2019   19:16 48 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Embung Tambakboyo
dok. pribadi

Embung terindah ini berada di Condong Catur, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia. Lokasinya sangat mudah setrategis dan diakses karena bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat ataupun jalan kaki.

Harga tiket masuknya sangat murah meriah memungkinkan semua kalangan untuk menikmati keindahan embung terindah ini. Untuk masuk lokasi anda hanya membayar biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua 2000 rupiah, mobil 3000 rupiah, dan untuk sepeda 1000 rupiah. Jika anda ke sana dengan berjalan kaki maka anda tidak perlu membayar apa-apa alias gratis.

Sebagai salah satu obyek wisata yang unik Embung Tambakboyo memiliki banyak fakta menarik di baliknya.. Berikut ini beberapa fakta menarik obyek wisata embung di Sleman Jogja:

1. Wisata Murah yang Sering Digunakan sebagai Lokasi Joging
Wisata Embung ini memang dijadikan lokasi wisata paling murah di Jogja, karena tidak ada tarif masuk perorangan. Untuk masuk ke lokasi wisata embung anda hanya perlu membayar biaya parkir sesuai jenis kendaraan yang anda gunakan. Sebagian besar pengunjung embung ini adalah mahasiswa yang menghabiskan waktu mereka untuk jogging atau olah raga lainnya.

Jogging dengan mengelilingi embung terindah ini sangat menyenangkan, sembari melihat pemandangan yang tersajikan di depan mata kepala anda. Sebaiknya jogging dilakukan pada pagi atau sore hari, dengan keadaan yang tidak begitu terik karena tertutup tebing. Jika jogging satu putaran embung ini, berarti telah menempuh jarak 1,7 km, jarak yang cukup untuk menghasilkan keringat di badan.

2. Cocok Dijadikan Tempat Pemancingan Umum
Selain menjadi obyek wisata yang menarik dengan pemandangan yang sangat indah, ternyata Embung Tambakboyo sering digunakan sebagai tempat menyalurkan hobi pecinta memancing. Embung yang sudah selesai dibangun sejak tahun 2008 ini memiliki banyak jenis ikan yang hidup di dalam airnya. Setidaknya ada beberapa jenis ikan seperti, lele, nila, wader dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya.

3. Berlatar Belakang Gunung Merapi yang Menawan
Pergi ke embung ini anda akan menyaksikan pemandangan yang menarik dan mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat wisata lain. Terdapat view gunung Merapi yang terkenal eksotis dengan misterinya, namun jika cuaca mendukung. Gunung Merapi akan tampak di balik embung sebagai latar belakang pemandangan yang menawan.

4. Merupakan Waduk Buatan Untuk Irigasi Dan Cadangan Air
Danau buatan atau waduk ini dibuat dengan luas 7,8 hektar dan memiliki volume tampungan air sebanyak 400.000 meter kubik air. Embung memiliki lokasi yang sangat luas, fungsi utamanya adalah untuk irigasi dan cadangan air PDAM warga Bantul, Sleman dan Jogja. Dengan memiliki embung ini, Sleman dan sekitarnya tidak perlu khawatir kekurangan air di musim kemarau.

5. Memiliki Pemandangan Senja yang Indah
Jika anda berkunjung ke Embung Tambakboyo di sore hari, maka anda berkesempatan menikmati indahnya pemandangan senja di embung ini. Saat senja tiba matahari mulai bersiap untuk kembali keperaduannya, memancarkan kemilau lembayung senja. Air embung memantulkan cahaya matahari yang teduh, dan langit biru yang perlahan berubah warna.

Suasana yang berubah dari terik menjadi teduh, menambah syahdunya suasana senja di embung ini. Duduk menikmati pemandangan senja yang tidak biasa akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Inilah faktanya, sebuah embung di Sleman ini ternyata memiliki pemandangan senja yang menawan hati.

VIDEO PILIHAN