Mohon tunggu...
Ilham Putra Gita Farizki
Ilham Putra Gita Farizki Mohon Tunggu... Insinyur - Filsuf atap rumah

Emperan, Teras, Atap, Ruang tamu, Gudang.. semuanya bisa jadi sumber inspirasi dan sumber permasalahan

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Permainan Kartu Anak-anak

14 Februari 2021   22:08 Diperbarui: 14 Februari 2021   22:17 157 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bagi generasi 90'an tentunya masih ingat akan sebuah anime yang menceritakan tentang sebuah permainan kartu. Yu- Gi - Oh. Yap, permainan ini identik dengan permainan kartu anak - anak karena pemasaran utamanya lewat anime yang kini masuk ke season 7, yakni Yu-Gi-Oh! SEVENS. 

Tontonan anime yang sangat identik dengan anak - anak serasa kurang relevan jika kalian memang maniak dari permainan kartu Yu-Gi-Oh!. Saya yang mulai bergelut dengan permaianan ini saat pandemi masih dibikin pusing sekaligus antusias karena gameplay dari (yang dibilang) 'Permainan kartu anak - anak'

Apakah serumit itu?

Tujuan akhir dari permainan yugioh ini hanyalah satu, yaitu membuat life point lawan jadi nol. Tapi apakah hanya itu? Tentu tidak. Di awal kemunculannya kartu - kartu di Yugioh memiliki efek yang sederhana seperti menambah atau mengurangi atk maupun def. Tapi sekarang di era link summon efek kartu bisa mengalahkan abstrak skripsi (canda skripsi yok semangat mahasiswa tua!!).

Di era sekarang pemain lebih memilih kartu yang memiliki efek berkesinambungan yang dapat membuat kombo (kombo biasanya bisa membuat lawan kalah bahkan sebelum lawan memulai gilirannya) yang bikin lawan auto menyerah. 

Main yugioh itu gak sesederhana main UNO yang tinggal menyamakan warna atau nomor. Ada beberapa hal yang harus dipahami yaitu tipe kartu, efek kartu, spell speed, kondisi pemanggilan bahkan kondisi menangnya itu membuat saya pusing. Gimana ga pusing, ada lebih dari 4000 kartu yang memiliki efek berbeda yang harus dipahami oleh tiap pemain agar bisa bermain dengan lancar.

Tapi apakah perlu dihafal semua? sebenarnya tidak, karena di kartu yang tercetak sudah ada penjelasan efek dari tiap kartunya, namun efek yang tertera sangat panjang dan itu membuat saya malas.

Tetapi kerumitan itu sedikit teratasi dengan adanya aplikasi yang memungkinkan adanya 'duel' secara online dengan berbagai kartu yang telah konami rilis. Aplikasi duel yang populer saat ini yaitu aplikasi YGOpro untuk versi PC dan Game Duel Links.

YGO pro menggunakan format tradisional master rule 5 (master rule yang digunakan sekarang) sedangkan Duel Link menggunakan format khusus yang bertujuan untuk mempercepat  atau mempermudah jalannya duel. Masih belom kebayang pusingnya?

Ya saya kasih ini contoh kombo yang menurut saya cukup simpel dari salah satu pegiat youtube favorit saya. Bang YUDI.

Kalau sebegitu rumitnya apakah masih ada anak anak yang main?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan