Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Sepak bola Argentina

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dulu Juara Serie A Bersama AS Roma, Kini Latih Timnas Bolivia

23 Juni 2024   20:52 Diperbarui: 23 Juni 2024   21:21 707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marcelo Martins Moreno tak ada lagi di skuad Bolivia. (Ca2015.com dipublikasikan kompas.com)

Salah satu momen yang dikenang fans jadul Liga Italia Serie A adalah soal AS Roma jadi juara. Kala itu, Roma juara di musim 2000-2001.

Ada banyak pemain AS Roma yang dikenal saat itu. Salah satunya adalah Antonio Carlos Zago. Bek tengah asal Brasil tersebut menjadi salah satu andalan AS Roma kala itu.

Lama seperti tak terdengar, Zago kini sudah jadi pelatih. Bahkan dia melatih timnas Bolivia di ajang Copa America 2024 yang kini sedang berlangsung.

Bolivia ada di grup C bersama Amerika Serikat, Panama, dan Uruguay. Laga perdana bagi Zago bersama Bolivia adalah pada Senin (24/6/2023). Bolivia akan melawan tuan rumah Amerika Serikat.

Salah satu hal yang berbeda dari Bolivia saat ini adalah tidak adanya Marcelo Moreno. Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah bagi Bolivia serta pemegang caps terbanyak itu telah pensiun tahun lalu.

Selama ini Moreno yang kelahiran 1987 itu adalah kapten sekaligus ujung tombak bagi Bolivia. Kini tanpa Moreno, Zago harus berpikir keras agar bisa menemukan bomber baru.

Performa Bolivia di ajang Copa America sebelumnya tak menawan. Dalam tiga edisi terakhir, Bolivia hanya sampai fase grup. Maka kini jadi PR besar Zago untuk mengangkat Bolivia.

Karier

Karier kepelatihan Zago ternyata sudah panjang. Dia melatih sejak 2009. Dia juga pernah jadi asisten pelatih AS Roma pada 2013.

Dia pernah juga melatih di Asia yakni klub Jepang Kashima Antlers. Setelah jalan panjang jadi pelatih, Zago kini melatih Bolivia. Jika lolos ke babak gugur, bisa saja Zago bertemu dengan negaranya sendiri, Brasil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun