Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Spanyol Mengajari Apa Itu Efektif dan Efisien

24 November 2022   05:55 Diperbarui: 24 November 2022   06:38 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gavi dan Laporte (paling kanan) merayakan gol ke gawang Kosta Rika. AFP/GLYN KIRK dipublikasikan kompas.com

Spanyol membuat kemenangan besar 7-0 atas Kosta Rika di laga Piala Dunia 2022 grup E, Kamis (24/11/2022) dinihari WIB. Gol Spanyol dibuat Olmo, Asensio, Ferran Torres (2 gol), Gavi, Soler, Morata. Spanyol telah mengajari kita semua apa itu efektif dan efisien.

Efektif adalah pencapaian tujuan. Kalau tujuanmu adalah ke Kuala Lumpur dan kamu sampai Kuala Lumpur, maka kamu efektif. Kalau tujuanmu adalah menang dan kamu menang, maka kamu efektif.

Apa tujuan Spanyol? Tentu saja kemenangan. Mereka tentu ingin menang dalam laga melawan Kosta Rika. Tak usah bertanya pada semua awak Spanyol, kita tahu tujuan kompetisi atau pertandingan adalah menang. Apalagi secara statistik dan kelas, Spanyol lebih baik dari Kosta Rika.

Maka, ketika Spanyol mampu menang atas Kosta Rika, Spanyol telah efektif alias berhasil guna alias mencapai tujuan. Spanyol efektif karena menang. Indikator kemenangannya adalah Spanyol mencetak gol lebih banyak dari Kosta Rika.

Apakah Spanyol efisien? Nah efisien adalah perbandingan terbaik antara usaha dan hasil. Sederhananya adalah ilustrasi seperti ini.

Dua orang bertujuan ke Surabaya. Mereka berangkat dari Jakarta di waktu yang sama. Mereka naik bus yang berbeda.

Orang pertama sampai Surabaya setelah 10 jam kemudian. Sementara orang kedua sampai Surabaya 2 hari kemudian.

Keduanya tentu efektif karena telah mencapai tujuan. Tapi, orang pertama lebih efisien. Dengan memakai angkutan umum, dia bisa sampai Surabaya lebih cepat alias lebih wajar.

Apakah Spanyol efisien? Tentu saja. Livescore membeberkan Spanyol memiliki 8 peluang emas mencetak gol. Dari 8 peluang itu, 7 di antaranya menjadi gol.

Bandingkan dengan Jerman saat melawan Jepang. Jerman juga memiliki 8 peluang emas, tapi hanya buat satu gol. Spanyol jelas efisien dan Jerman tak efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun