Disusun Guna :
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan Islam
Dosen Pengampu :
Bahrul Munib, S.H.i,.M.Pd.I
Oleh :
Ilham Syahbani Barakat
221101010082
Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Prodi Pendidikan Agama Islam
2023
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan Rohmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.
Shalawat serta salam tidak lupa kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukan jalan kebaikan dan kebenaran di dunia serta akhirat kepada seluruh umat manusia.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini sehingga kami mampu menyelesaikan makalah tentang "Madrasah Sebagai Lembaga Sosialisasi dan Pembentukan Karakter Anak". Dengan harapan, semoga nantinya dapat digunakan sebagai rujukan yang dapat membantu para pembaca dalam menghadapi permasalahan yang ada.
Kami sudah mengusahakan semaksimsl mungkin buat menyusun makalah ini, tetapi kami sadar bahwa itu mungkin tidak sempurna dan masih ada banyak kesalahan. Kritik, saran, dan masukan yang membangun akan kami terima dengan senang hati terutama dari Dosen Pembimbing Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan Islam sebagai bahan koreksi untuk kami kedepannya.
Jember, 24 September 2023
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Madrasah dianggap sebagai sistem sosial karena di dalamnya ada individu/kelompok yang mempunyai tujuan serta kepentingan sama, yakni kepentingan penyelenggara pendidikan. Sebagai system social, madrosah yaitu lingkungan di mana berbagai proces social saling bergantung dan memiliki struktur dan peran yang unik. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang didasarkan pada budi pekerti, yaitu pendidikan yang mencakup pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang kuat, tangguh, berakhlak mulia, moral, bertoleransi, bergotong-royong, dan berpusat pada ilmu pengetahuan dan teknologi.