Mohon tunggu...
Gayahidup

Dapatkah Kita Menjadi Pelari Maraton?

25 Oktober 2017   20:57 Diperbarui: 25 Oktober 2017   21:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dapatkah Kita Menjadi Pelari Maraton?
Sumber: https://suryakabar.com/

Kita yang Terkadang tak Kuat dalam Berlari Mempunyai Potensi Berlari yang sama dengan Pelari Marathon.

Selamat datang kembali para pembaca yang setia. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas tentang potensi lari manusia biasa sama tidak dengan potensi pelari maraton. Sebelumnya mari kita lihat hal - hal apa saja yang bekerja saat kita lari.

Yang bekerja saat kita lari adalah otot yang menempel pada tulang, jantung untuk memompa darah, dan paru - paru untuk mengatur pernapasan saat berlari

Berdasarkan kegunaan otot saat bergerak untuk berlari, otot dapat dibagi menjadi tiga kelompok berbeda yang bekerja secara berkesinambungan, yaitu:

  • Otot Primer :

- Otot quadriceps femoris, memiliki bagian – bagian otot yang fungsinya mengaktifkan 2 sendi – sendi pinggul dan sendi lutut – terutama untuk menekuk pinggul (membungkuk) dan meluruskan lutut.

- Otot hamstring,terdiri dari 4 otot di belakang paha yang fungsinya sebagai mengaktifkan sendi lutut, terutama untuk gerakan menekuk lutut dan juga menggerakan sendi pinggul, terutama untuk meluruskan pinggul.

- Otot gluteus maximu, mempunyai fungsi yaitu untuk menjaga bagian belakang tubuh tetap tegap, atau untuk mendorong kedudukan pinggul ke posisi yang tepat.

- Otot iliopsoas,yaitu pendukung gerakan lekukan pinggul.

- Otot betis, tujuannya untuk menekuk plantaris pergelangan kaki dan lutut.

  • Otot Pendukung :

- Otot biceps brachii,adalah otot lengan bagian atas yang berfungsi memutar lengan bawah dan menekuk siku, maka berlari akan lebih efisien bila dilakukan dengan siku di tekuk.

- Otot perut atas dan otot perut bawah, berfungsi menguatkan pusat tubuh (core) agar tidak mengalami cidera dan meminimalkan pembuangan energi pada saat perpindahan tenaga ke bagian ekstremitas tubuh (kaki dan tangan).

  • Otot Tambahan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x