Mohon tunggu...
Iksan Sahwi
Iksan Sahwi Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Khairun

Opini

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Penyebab Besarnya Penghasilan Karyawan Tambang

21 November 2020   22:43 Diperbarui: 21 November 2020   23:40 13 1 0 Mohon Tunggu...

Mempunyai banyak uang merupakan impian setiap orang karena dengan uang apapun kebutuhan yang kita inginkan bisa terpenuhi. Terdapat banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang ada saat ini. Tapi lewat itu semua ada pekerjaan yang didambakan banyak orang karena dinilai memberikan gaji dan tunjangan yang cukup tinggi pekerjaan itu ada di sektor pertambangan.

Perusahaan pertambangan memberikan setiap karyawannya gaji yang besar karena mereka mengelola sumber daya alam yang sangat berharga dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga memberikan keuntungan baik untuk perusahaan itu sendiri dan kepada pekerja-pekerjanya.

Namun, itu semua tidak diberi begitu saja melainkan butuh perjuangan dan pengorbanan setiap orang untuk memenuhi tugas di tambang. Jika dilihat sekilas bahwasanya pekerjaan di tambang hanya sekedar menggali dan mengolah bahan galian saja. Akan tetapi, jika dilihat lebih dalam pekerjaan ini maka kita bisa tahu bahwa pekerjaan di tambang tidak semua orang bisa melaluinya.

Besar kecilnya gaji tiap-tiap pekerja tergantung dari jenis-jenis pekerjaanya. Semakin besar tingkat kesulitannya semakin besar pula gaji yang diberikan untuk itu dibutuhkan pekerja-pekerja yang memiliki tenaga dan daya tahan yang kuat karena mengingat bahwa bekerja di tambang bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali karyawan yang berhenti karena tidak tahan dengan tingkat kesulitannya dan banyak pula yang mengalam sakit karena pekerjaan ini.

Banyak rangkaian pekerjaan yang diberikan kepada pekerja mulai dari persiapan menambang, kemudian proses pengolahan, sampai pada kegiatan pasca tambang atau yang biasa disebut reklamasi. Itu semua adalah rangkaian kegiatan selama bekerja di perusahaan.

Setiap proses pekerjaan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa terselesaikan, bahkan setiap pekerjaan memerlukan waktu lebih dari 8 jam perhari. Untuk itu bagi karyawan memiliki waktu untuk bersantai sangatlah mustahil Karena diharuskan untuk diselesaikan tanpa ditunda-tunda.
Penyebab tingginya gaji penambang juga dipengaruhi oleh tingkat kesehatan.

Sumber mineral dan batuan umumnya terletak di bawah permukaan bumi atau berada di perut bumi. Keseharian pekerja tambang dalam beraktivitas di perut bumi sudah menjadi hal lazim karena untuk mengambil mineral harus masuk kedalam lubang yang digali sangat dalam. 

Di sinilah kondisi kesehatan harus diperhatikan karena semakin dalam lubang yang ditempuh maka akan semakin berkurang oksigen yang ada dan saat melakukan pengambilan maka penambang akan dihadapkan dengan berbagai zat dan senyawa kimia yang terdapat pada tiap-tiap mineral batuan yang diambil.

Jadi, hal yang harus diperhatikan oleh setiap pekerja dalam menjalankan kewajibannya adalah dengan memperhatikan K3 (kesehatan, dan keselamatan kerja) agar proses bekerja yang dilaui bisa berjalan dengan baik. Walaupun gaji yang ditawarkan sangat besar tapi penerapan K3 tidak terpenuhi maka hal tersebut akan sia-sia. )*

VIDEO PILIHAN